Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Issu Transparansi dan Akuntabilitas  >  Artikel saat ini

Bekerja Sama demi Akuntabilitas Timbal Balik

Oleh   /   Selasa 12 November 2013  /   1 Komentar

Baik korporasi maupun LSM-LSM menghadapi tuntutan-tuntutan baru dari publik, dampaknya bahwa sikap teguh PBSP pada akuntabilitas telah mendatangkan tata kelola yang lebih baik untuk dirinya maupun para mitranya.

keuanganLSM

Bekerja Sama demi Akuntabilitas Timbal Balik

Baik korporasi maupun LSM-LSM menghadapi tuntutan-tuntutan baru dari publik, dampaknya bahwa sikap teguh PBSP pada akuntabilitas telah mendatangkan tata kelola yang lebih baik untuk dirinya maupun para mitranya, yang jelas terlihat sebagai daya tahan hidup yang lebih kokoh.

Fakta bahwa PBSP menerapkan audit internal untuk operasional pada akhir tahun 1980-an, barangkali merupakan sebuah LSM pertama di Filipina yang melakukannya, yang meraih penghargaan dari ODA dan donor lain ketika PBSP makin banyak menyalurkan dana. Saat ini banyak mitra telah memantapkan catatan prestasi mereka sendiri.

Tidak lagi mereka menyebut PBSP sebagai zalim, banyak diantara mereka merasa bangga telah kami latih. Pada saat yang sama, melalui kemitraan yang didasarkan pada akuntabilitas, PBSP telah mengkomuniksaikan dengan publik bahwa akuntabilitas tidak hanya merupakan sesuatu yang diinginkan, tapi bahkan dapat dilaksanakan oleh LSM-LSM dan menyebabkan keberlangsungan hidup jangka panjang.

Disarikan pada buku: Peluang dan Tantangan Akuntabilitas LSM, Pengarang: Zaim Saidi, Hal: 63.

    Cetak       Email

1 Comment

  1. arlisman berkata:

    Salam,…semoga selalu dlm kesehatan,….cukup menari bahan2 informasi dlm pengetahuan tsb.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Akuntabilitas dan Tranparansi LSM: Perspektif Pemerintah Daerah

Selengkapnya →