Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Advokasi Hukum

Oleh   /   Selasa 24 April 2012  /   Tidak ada komentar

Buku ini di susun sebagai respon terhadap berbagai kasus sengketa yang terjadi di Indonesia yang diakibatkan oleh berbagai kepentingan sosial, ekonomi dan politik yang melibat berbagai pihak baik masyarakat, swasta, pemerintah.

keuangan LSM

Advokasi Hukum

Penulis: Wahjudin Sumpeno
Penerbit: The World Bank, didukung CPDA, 2012.

Buku ini di susun sebagai respon terhadap berbagai kasus sengketa yang terjadi di Indonesia yang diakibatkan oleh berbagai kepentingan sosial, ekonomi dan politik yang melibat berbagai pihak baik masyarakat, swasta, pemerintah, dan aparat keamanan.

Perbedaan pandangan, penolakan, kepentingan, harapan serta ketidakpuasan sebagian kelompok masyarakat terhadap berbagai masalah seringkali sulit diselesaikan dengan mekanisme yang ada. Sehingga perlu dilakukan terobosan lain untuk mengatasi kebunguan tersebut, salah satunya dengan melakukan peningkatan kapasitas para pelaku yang terlibat dalam program pembangunan melalui berbagai pelatihan dalam mengelola sengketa.

Buku yang berjudul Advokasi Hukum: Sengketa dan Alternatif Penyelesaian Sengketa” merupakan salah satu paket bahan pelatihan yang dapat digunakan oleh para praktisi yang bergerak dibidang hukum dan pemberdayaan masyarakat dalam memfasilitasi pelatihan hukum. Buku ini dirancang dalam bentuk panduan pelatihan sebagai kerangka acuan bagi pendamping, fasilitator, pengelola pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan strategi dalam penyelesaian sengketa.

Dalam konteks pembangunan, buku ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memahami tentang sengketa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya agar secara praktis dapat memberikan pemahaman dan keterampilan penyelesaian sengketa  yang lebih diarahkan pada model penyelesaian melalui jalur di luar pengadilan.

Download: Modul Advokasi Hukum

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →