Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Akuntabilitas LSM Politik, Prinsip & Inovasi

Oleh   /   Kamis 21 Januari 2016  /   Tidak ada komentar

Buku ini menawarkan penilaian terhadap perangkat-perangkat kunci yang tersedia mencakup akuntabilitas legal, sertifikasi dan rezim akuntabilitas yang didasarkan kepada donor, serta pertanyaan-pertanyaan.

Akuntabilitas LSM Politik, Prinsip & Inovasi

Akuntabilitas LSM Politik, Prinsip & Inovasi

Editing: Lisa Jordan, Peter Van Tuijl
Penyunting: Rustam Ibrahim
Sampul & Tata-letak: Magenta Graphic Desingn

“Akuntabilitas yang relatif dan dapat dipercaya merupakan persyaratan bagi kelanjutan histori yang signifikan dari LSM sebagai agen perubahan di lokal maupun global. Buku yang disiapkan oleh orang-orang dalam yang kritis, dalam menghadapi realita sambil mencerahkan kehidupannyata dunia LSM dan implikasinya didalam kompleks politik masa kini yang mencemaskan.”

“Koleksi tulisan ini mematahkan pemikiran terkungkung yang menjadi ciri disukai-disukai mengenai akuntabilitas sekarang ini. Alih-alih memperlakukan akuntabilitas LSM sebagai upaya teknokrasi yang didasarkan pada praktik-praktik manajerial terbaik, para pengarang di sini secara frontal menantang landasan politik maupun kekuasaan yang membebaninya. Jordan dan Van Tuijl menunjukan kepada kita sisi gelappolitik akuntabilitas bagaimana bahasa dan mekanismenya bisa disalahgunakan untuk menekan hak-hak dasar untuk bersuara dan partisipasi politik. Namun, mereka juga memberikan visi kepada kita mengenai akuntabilitas didasarkan pada inovasi di lapangan: sebuah jalan menuju hak assasi universal serta tata pemerintahan demokratis yang lebih baik.”

Sebagai segmen masyarakat sipil yang tumbuh paling cepat dan tampak menonjol di dalam arena politik global, LSM diserang karena “tidak akuntabel”. Tetapi siapakah sesungguhnya yang diwakili LSM? Kepada siapa mereka harus akuntabel dan bagaimana caranya? Buku ini melakukan penyelidikan pertama yang konprehensif mengenai isyu dan politik akuntabilitas LSM di semua sektor dan secra internasional.

Buku ini menawarkan penilaian terhadap perangkat-perangkat kunci yang tersedia mencakup akuntabilitas legal, sertifikasi dan rezim akuntabilitas yang didasarkan kepada donor, serta pertanyaan-pertanyaan apakah perangkat-perangkat tersebut merupakan pilihan yang cocok dan dapat terus hidup atau usaha untuk “mengembalikan” LSM kepada fungsi satu dimensinya sebagai pengelola amal di tanah nasional dan gelobal. Maukan dan studi kasus dipersiapkan dari LSM-LSM seperti ActionAid, dan dari setiap penjuru dunia termasuk China, Indonesia dan Uganda. dengan semangat untuk maju menuju akuntabilitas yang lebih baik buku ini melihat secara detail inovasi-inovasi yang telah berkembang dari dala LSM dan menawarkan pendekatan dan kerangka baru yang fleksibel yang bisa membuat akuntabilitas menjadi nyata di semua LSM di dunia.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

otokritik-akuntabilitas-internal-governance-lsm-copy

Otokritik Akuntabilitas Internal Governance LSM

Selengkapnya →