Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Akuntansi untuk UKM: Perhitungan Harta

Oleh   /   Selasa 30 Januari 2018  /   Tidak ada komentar

Kebanyakan wirausahawan hanya menghitung harta yang sebatas uang kas yang dipegangnya saja. Mereka tidak bahwa pengertian harta lebih luas dari sekadar uang saja. Harta dalam akuntansi diberi pengertian sebagai semua dan hak milik perusahaaan dan sumber ekonomis lainnya.

keuanganLSM

Akuntansi untuk UKM: Perhitungan Harta

Kebanyakan wirausahawan hanya menghitung harta yang sebatas uang kas yang dipegangnya saja. Mereka tidak bahwa pengertian harta lebih luas dari sekadar uang saja. Harta dalam akuntansi diberi pengertian sebagai semua dan hak milik perusahaaan dan sumber ekonomis lainnya, semua biaya yang telah terjadi yang diakui prinsip akuntansi berlaku.

Dengan pengertian di atas harta dibedakan menjadi:

  • Harta Lancar
  • Investasi Jangka Panjang
  • Harta Tetap
  • Harta Tak Berwujud

1. HARTA LANCAR

Biasa disebut aktiva lancar. Maksudnya adalah uang kas/ bank atau harta lain yang dapat dicairkan menjadi kas/bank, dijual atau digunakan habis dalam satu tahun atau dalam satu masa perputaran usaha normal. Misalkan bisnis Anda mempunyai masa usaha normal setiap bulan, maka perhitungan di dalamnya pun termasuk harta lancar.

Dengan pengertian di atas, yang termasuk harta lancar adalah:

  • Kas/Cash
    Jika Anda mempunyai uang dalam mata uang dalam negeri (Rupiah) maka harta inilah yang disebut kas. Selain itu mata uang asing, serta semua surat yang mempunyai sifat seperti mata uang misalnya cek, wesel atau tabungan di bank.
  • Piutang Dagang
    Yakni semua hak atau tagihan bisnis Anda kepada pihak lain yang akan dimintakan pelunasannya jika sampai pada waktunya. Biasanya hal ini tidak diatur secara khusus dengan hukum yang baku.
  • Penghasilan yang Akan Diterima
    Adalah penghasilan yang merupakan kontra prestasi atas jasa-jasa perusahaan kepada pihak lain yang sebenarnya sudah menjadi hak perusahaan. Misalnya saja bisnis laundry Anda menerima pesanan dari sekolah A dan akan dibayar bulan depan. Maka hal ini dapat Anda hitung sebagai piutang, meski pun tidak ada hukum yang baku.
  • Biaya yang Dibayar di Muka
    Yang dimaksud dengan harta ini adalah jika Anda sudah membayar tagihan sebelum tanggalnya. Istilah sederhananya adalah jika Anda sudah memberi uang muka pada semua barang/jasa yang akan Anda beli.
  • Persediaan
    Semua persediaan yang digunakan untuk menjalankan operasional bisnis Anda dimasukkan dalam bagian ini. Namun jika bisnis Anda adalah bisnis penjualan barang-barang tanpa melakukan perubahan proses maka barang dagangan persediaan dimasukkan dalam persediaan barang dagangan.
  • Persediaan Perlengkapan
    Yang termasuk dalam bagian ini adalah persediaaan kebutuhan yang ringan dan relatif bernilai murah seperti kertas, perangko, amplop dll.

Yang disebutkan di atas hanyalah sebagian dari harta lancar yang biasanya ada dalam bisnis rumahan. Sebernarnya ada banyak jenis harta lancar lain seperti surat-surat berharga dan wesel tagih. Namun dua hal itu jarang terdapat dalam bisnis rumahan sehingga tidak mendapat porsi penjelasan di sini.

2. Investasi Jangka Panjang

Berbeda dengan harta lancar, investasi jangka panjang adalah penggunaan modal untuk harta dengan tidak untuk dipergunakan saat sekarang ini, namun untuk masa yang akan datang, dan jaraknya lebih dari setahun dari sekarang. Ada tiga jenis yakni:

  • investasi bentuk dana,
  • penanaman modal dalam obligasi dan
  • penanaman modal dalam saham.

Dari ketiga jenis itu bisnis rumahan hanya mempunyai satu di atas biasanya (tentu karena skala perusahaan yang kecil) yakni investasi dalam bentuk dana dan dipergunakan untuk masa yang akan datang, misal untuk mengembangkan bisnis Anda. Kadang-kadang jenis ini juga sudah masuk dalam tabungan, maka jangan sampai kita memasukkan uang yang sama dalam dua golongan yang berbeda. Hal ini akan berakibat perhitungan akuntansi yang salah.

3. Aktiva Tetap

Yang termasuk dalam golongan aktiva tetap adalah semua harta yang Anda miliki yang sudah dibangun terlebih dahulu untuk operasional bisnis Anda dan tidak habis dipakai dalam setahun. Seperti sudah dibahas sebelumnya, dalam perusahaan besar mereka membeli tanah dan membangun gedung semata-mata untuk tujuan usaha. Sementara bisnis rumahan Anda ada karena rumah yang memang sudah Anda tempati. Singkatnya, jika dalam perusahaan besar tanah dan bahan bangunan masuk ke dalam aktiva tetap maka dalam bisnis rumahan, kedua hal ini bisa dimasukkan bisa juga tidak. Sepanjang Anda konsisten menghitungnya, kedua cara itu bisa dipilih masing-masing. Di luar itu Anda bisa mencatat beberapa aktiva tetap lain seperti:

  • Kendaraan
    Misalnya bisnis katering Anda biasa membawa pesanan dengan mobil pick-up atau motor, maka kedua kendaraan itu bisa Anda masukkan dalam kelompok aktiva tetap kendaraaan.
  • Mesin
    Yang dimaksud dengan mesin di sini sangat jelas. Jika Anda punya bisnis percetakan maka Anda akan mempunyai aktiva tetap berupa mesin cetak, komputer dan mesin pemotong.
  • Alat-Alat
    Selain mesin, biasanya ada juga alat-alat yang dimiliki oleh sebuah bisnis. Periksalah juga apakah Anda juga sudah mendata alat-alat itu dalam aktiva tetap Anda.

Karena jangka penggunaannya yang lebih dari satu tahun maka biasanya dalam aktiva tetap dikenal adanya penyusutan (depreciation). Hal ini dianggap sebagai proses alokasi atas harga perolehannya kepada periode-periode yang menikmati manfaat aktiva tersebut. Misalkan kendaraan, setiap kali Anda memakainya maka akan selalun ada nilai penyusutan aktiva tersebut.

4. Harta Tak Berwujud

Wujud harta ini tidak bisa tertangkap oleh indra manusia, namun merupakan hak-hak istimewa atau posisi yang menguntungkan bisnis Anda. Yang termasuk dalam harta jenis ini misalnya adalah:

  • Hak Paten
    Adalah hak cipta atas penemuan suatu barang yang diberikan oleh pemerintah untuk melindunginya dari peniruan atau pemalsuan pihak lain. Misalkan bisnis kue Anda berhasil menciptakan satu jenis kue tertentu dan Anda mendaftarkan hak patentnya.
  • Hak Cipta
    Hampir sama dengan hak paten, namun ia dikhususkan untuk bentuk-bentuk karya seperti naskah atau karangan untuk melindungi dari peniruan.
  • Trade Mark
    Adalah hak merk dagang bisnis Anda. Misalnya Anda membuat bisnis katering, maka bisnis Anda mempunyai trade mark-nya sendiri.

Di luar itu ada juga good will dan organization cost. Good will adalah keistimewaan bisnis yang Anda miliki dan tidak dimiliki bisnis lain sehingga meningkatkan daya saing Anda. Misalkan saja lokasi yang strategis dan tenaga ahli yang baik.

Sementara organization cost meliputi biaya-biaya pendirian perusahaan. Misalnya bisnis rumahan Anda mengeluarkan dana untuk memberi kursus para pegawainya atau Anda mengadakan penelitian sebelum mendirikan bisnis tersebut.

Disarikan dari buku: Akuntansi untuk UKM, Penulis: Anak Suryo, Hal: 15-20.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

SDM sebagai Gerbang Terakhir

Selengkapnya →