Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

CTH: Alat Bantu Pencatatan Transaksi Keuangan Sederhana

Oleh   /   Senin 24 Desember 2012  /   Tidak ada komentar

Catatan Transaksi Harian (CTH) dikembangkan sebagai bentuk solusi sederhana pencatatan transaksi keuangan yang paling mungkin dikerjakan untuk kebutuhan menyajikan informasi keuangan organisasi nirlaba.

keuanganLSM

CTH: Alat Bantu Pencatatan Transaksi Keuangan Sederhana

Catatan Transaksi Harian (CTH) dikembangkan sebagai bentuk solusi sederhana pencatatan transaksi keuangan yang paling mungkin dikerjakan untuk kebutuhan menyajikan informasi keuangan organisasi nirlaba. CTH merupakan pengembangan dari Buku Kas dan Buku Bank, yang disusun dalam bentuk tabelaris.

CTH, seperti namanya, mendorong pencatatan transaksi keuangan kas dan bank secara harian; sehingga dari input harian tersebut dapat dihasilkan informasi keuangan yang akurat secara just-in-time, tepat waktu, tanpa harus menunggu tersusunnya laporan akuntansi bulanan. CTH mampu menjadi dasar terbangunnya informasi keuangan: LPPD (Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana), LSD (Laporan Status Dana) dan LSA (Laporan Status Anggaran).

Dalam pengembangannya, CTH juga dapat digunakan sebagai basis penyusunan laporan akuntansi sesuai dengan PSAK 45. CTH dapat menghasilkan LPK (Laporan Posisi Keuangan), LA (Laporan Aktivitas) dengan pemisahan antara LA Terikat dan LA Tidak Terikat dan LAK (Laporan Arus Kas). Namun, tentu saja tanpa buku jurnal dan buku besar yang seharusnya menyertai laporan akuntansi tersebut.

Catatan Transaksi Harian (CTH) dikembangkan sebagai bentuk solusi sederhana pencatatan transaksi keuangan yang paling mungkin dikerjakan untuk kebutuhan menyajikan informasi keuangan organisasi nirlaba.

Sebagai bentuk solusi sederhana yang paling mungkin dikerjakan untuk menjawab kebutuhan sajian informasi keuangan dan laporan akuntansi, tentu saja CTH bukanlah jawaban ideal bagi organisasi nirlaba. Bagi organisasi yang telah memiliki personil dengan jumlah dan kapasitas teknik akuntansi yang memadai serta sistem pengelolaan keuangan yang telah terimplementasi dengan baik, disarankan untuk mulai menggunakan program aplikasi akuntansi (accounting software) yang sesuai dengan karakteristik pelaporan organisasi nirlaba di Indonesia.

Alat bantu ini dapat diunduh sekaligus dan berisi dua file yaitu:

Untuk bantuan konsultasi dalam aplikasi alat bantu ini, Anda dapat menghubungi Yayasan Penabulu lewat info@penabulu.or.id dan yayasan.penabulu@yahoo.com.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

amnesti-pajak-sarana-menuju-kemandirian-bangsa

Amnesti Pajak: Sarana Menuju Kemandirian Bangsa

Selengkapnya →