Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Apa Arti On (Off) Budget dan On (Off) Treasury?

Oleh   /   Senin 25 Februari 2013  /   3 Komentar

Ada beberapa jenis mekanisme penyaluran bantuan hibah yang kita kenal di Indonesia. Untuk mencoba memahaminya, maka contoh aplikasi jenis-jenis penyaluran dana yang paling lengkap ada pada pengalaman pengelolaan keuangan BRR Aceh – Nias.

keuanganLSM

Apa Arti On (Off) Budget dan On (Off) Treasury?

Ada beberapa jenis mekanisme penyaluran bantuan hibah yang kita kenal di Indonesia. Untuk mencoba memahaminya, maka contoh aplikasi jenis-jenis penyaluran dana yang paling lengkap ada pada pengalaman pengelolaan keuangan BRR Aceh – Nias. BRR pada waktu itu menyiapkan tiga mekanisme penyaluran dana atau modalitas, untuk mengakomodasi berbagai keperluan para donor.

Ketiganya secara singkat dirangkum di bawah ini:

(a)     On-budget/on-treasury. Di sini, para donor memakai sistem dan peraturan dana pemerintah untuk menyalurkan dananya. Donor multilateral seperti Bank Dunia dalam kapasitasnya sebagai administrator MDF dan ADB–keduanya adalah bank tanpa kemampuan untuk melaksanakan secara langsung–memilih modalitas ini, dan juga beberapa donor bilateral yang besar.

Recovery Aceh-Nias Trust Fund (RANTF), sebuah dana perwalian yang ditangani oleh BRR dan mewakili donor dari individu, masyarakat dan pemerintah asing, memakai mekanisme Off-budget/Off-treasury.

(b)     On-budget/off-treasury. Dana disalurkan di luar Bendahara Negara (KPPN), tetapi penyalurannya dilaporkan di dalam sistem anggaran nasional. Dengan mekanisme ini, dana pada mulanya tidak disahkan di dalam dokumen anggaran. Penyaluran dilakukan langsung dari rekening pemerintah pendonor ke rekening pemerintah Indonesia, yaitu pada bank yang ditunjuk, dan dari sana pembayaran akan dikucurkan ke badan pelaksana. Sesudah pengadaan barang atau jasa dilakukan, dana yang dicairkan dibuatkan pengesahan anggaran melalui daftar isian proyek anggaran (DIPA). Mekanisme ini digunakan oleh pemerintah Jepang dan Jerman.

(c)      Off-budget/off-treasury: Apabila donor tidak menggunakan sistem anggaran pemerintah Indonesia ataupun menyalurkan dana dari KPPN. Mekanisme ini dipakai oleh semua lembaga nonpemerintah dan oleh beberapa pemerintah asing. Donor multilateral seperti ADB dan Bank Dunia yang terkait dengan MDF juga menggunakan mekanisme ini untuk melengkapi bantuan yang diberikan melalui mekanisme on-budget. Recovery Aceh-Nias Trust Fund (RANTF), sebuah dana perwalian yang ditangani oleh BRR dan mewakili donor dari individu, masyarakat dan pemerintah asing, juga memakai modalitas ini.

Gambar di atas memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang dikerjakan para pelaku sesuai dengan modalitas penyaluran dana yang mereka inginkan.

Sumber studi kasus tulisan ini adalah buku pembelajaran Keuangan BRR :  Tujuh Kunci Pengelolaan Dana Bantuan yang Efektif bisa di download pada halaman unduh ini. atau kunjungi langsung website arsip BRR di sini.

    Cetak       Email

3 Comments

  1. khadrian berkata:

    Thanks atas pencerahannya nih.. saya lagi mencari makna dari istilah ini. Semoga bisa tetap konsisten memberikan pencerahan dalam pemakaian istilah keuangan pemerintah..

  2. Yudhistira Nurbasya berkata:

    Dear Khadrian,

    Terima kasih. Semoga juga dapat terus berbagi pengetahuan dan pengalaman. Sebagai informasi, artikel-artikel tersebut kerap didiskusikan bersama komunitas keuanganLSM. Silahkan bergabung dan berbagi bersama.

    Salam,

  3. itrainingutama berkata:

    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Arti Hukum bagi Perkembangan Ekonomi

Selengkapnya →