Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Apa itu Neraca?

Oleh   /   Senin 9 Juni 2014  /   1 Komentar

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban pembayaran pada pihak-pihak yang terkait dalam operasional perusahaan, dan modal pada saat tertentu.

KeuanganLSM

Neraca

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan yang mencatat informasi tentang aset, kewajiban pembayaran pada pihak-pihak yang terkait dalam operasional perusahaan, dan modal pada saat tertentu. Unsur-unsur neraca biasanya terdiri dari aktiva (baik aktiva lancar, jangka panjang, tetap, maupun aktiva tidak berwujud), kewajiban (baik kewajiban jangka pendek maupun panjang), dan modal.

1. Aktiva adalah sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan, yang ke depannya diharapkan dapat memberikan keuntungan lebih pada perusahaan.

  • Aktiva lancar adalah jenis aktiva yang dapat diambil manfaat ekonomisnya dalam jangka waktu dekat, misal-nya wesel tagih, kas, piutang, persediaan, beban dibayar di muka, perlengkapan, dan piutang usaha. Aktiva jangka panjang adalah jenis aktiva yang dapat diambil manfaat ekonomisnya dalam jangka panjang, misalnya gedung yang dibiarkan begitu saja, tanah yang dibiarkan begitu saja, saham, obligasi, dan sebagainya.
  • Aktiva tetap adalah jenis aktiva yang dapat diambil manfaat ekonomisnya untuk kegiatan produksi atau penyediaan barang/jasa perusahaan, misalnya properti, bangunan, pabrik, alat-alat produksi, perlengkapan kantor, kendaraan operasional, komputer, dan sebagainya.
  • Aktiva tidak berwujud adalah jenis aktiva yang dapat dlambil manfaat ekonomisnya, namun tanpa teridentifikasi atau tanpa wujud fisik, misalnya merek dagang, goodwill (nama baik perusahaan), dan hak paten.

2. Kewajiban adalah seluruh utang yang harus dilunasi perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu yang menyebabkan perusahaan bersangkutan mengambil kowejiban tersebut.

  • Kewajiban jangka pendek adalah seluruh utang yang harus dilunasi perusahaan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, misalnya utang dagang, utang wesel, dividen, wesel bayar, dan sebagainya.
  • Kewajiban jangka panjang adalah seluruh utang yang boleh dilunasi perusahaan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun, misalnya utang bank, obligasi, dan hipotik, kewajiban pensiun, dan wesel bayar jangka panjang.

3. Modal adalah aset bersih yang diperlukan sebagai pokok untuk membangun perusahaan beserta operasionalnya dengan dikurangi kewajiban.

KeuanganLSM

Disarikan dari buku: Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan, Penulis: Akifa P. Nayla, S.E., Akt., Hal: 40-42.

    Cetak       Email

1 Comment

  1. Safrijal berkata:

    Gimana cara buat neraca bila perusahanan baru, (blum bkerja
    )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Lingkup Pekerjaan Pemeriksa Internal (2/4)

Selengkapnya →