Memuat...
Anda di sini:  Beranda  >  Artikel  >  Audit  >  Artikel (di bawah) ini

Apakah Surat Representasi Manajemen itu?

Oleh   /   Senin 4 Maret 2013  /   Tanggapi?

Auditor disyaratkan untuk memperoleh representasi tertulis dari manajemen sebagai bagian dari audit yang dilaksanakan sesuai dengan standar auditing yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia.

keuangan LSM

Representasi tertulis dari manajemen harus diperoleh untuk semua laporan keuangan dan periode yang dicakup oleh laporan audit

Auditor disyaratkan untuk memperoleh representasi tertulis dari manajemen sebagai bagian dari audit yang dilaksanakan sesuai dengan standar auditing yang ditetapkan Ikatan Akuntan Indonesia.

Apakah surat representasi manajemen itu ?

Representasi tertulis dari manajemen harus diperoleh untuk semua laporan keuangan dan periode yang dicakup oleh laporan audit. Sebagai contoh, jika laporan keuangan komparatif dilaporkan, representasi tertulis yang diperoleh pada penyelesaian audit yang terkini harus mencakup semua periode yang dilaporkan. Representasi tertulis tertentu yang diperoleh auditor akan tergantung pada keadaan perikatan dan sifat dan basis penyajian laporan keuangan.

Unduh PSA No 17 tentang Representasi Manajemen. Termasuk didalamnya contoh umum format standar Surat Respresentasi Manajemen.

Representasi tertulis dari manajemen harus diperoleh untuk semua laporan keuangan dan periode yang dicakup oleh laporan audit. Representasi tertulis tertentu yang diperoleh auditor akan tergantung pada keadaan perikatan dan sifat dan basis penyajian laporan keuangan.

Contoh Surat Representasi Manajemen bagi organisasi nirlaba :

Jakarta, 20 Mei 2009

Kepada Yth.

KAP XYZ

Kami memberikan surat representasi ini sehubungan audit Saudara atas Fund Accountability Statement ABC terkait dengan MoU tahun buku 2008 dengan lembaga donor 123 yang ditujukan untuk menyatakan pendapat apakah laporan keuangan tersebut di atas telah menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material atas laporan penggunaan dana Yayasan ABC sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Kami menegaskan bahwa kami bertanggung jawab atas penyajian wajar laporan penggunaan dana dalam Fund Accountability Statement sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Representasi tertentu dalam surat ini dijelaskan terbatas pada hal-hal yang material. Sesuatu dipandang material, tanpa melihat besarnya, jika sesuatu tersebut menyangkut penghilangan atau salah saji informasi akuntansi yang dengan mempertimbangkan keadaan yang melingkupinya, menjadikan pertimbangan orang yang berpikiran wajar yang meletakkan kepercayaan pada informasi tersebut akan berubah atau terpengaruh oleh penghilangan atau salah saji tersebut.

Kami menegaskan, berdasarkan keyakinan dan pengetahuan terbaik kami, representasi berikut ini telah kami buat kepada Saudara selama audit Saudara:

1.      Laporan keuangan yang disebut di atas disajikan secara wajar sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

2.      Kami telah menyediakan kepada Saudara semua catatan akuntansi dan data lain yang berkaitan.

3.      Tidak terdapat komunikasi dari Badan Pembina dan Badan Pengawas mengenai ketidakpatuhan atau kelemahan dalam praktik pelaporan keuangan.

4.      Tidak terdapat transaksi material yang tidak secara semestinya dicatat dalam catatan akuntansi yang melandasi laporan keuangan.

5.      Tidak ada:

  • Kecurangan yang melibatkan manajemen atau karyawan yang memiliki peran penting dalam pengendalian internal,
  • Kecurangan yang melibatkan karyawan lain yang dapat berdampak material terhadap laporan keuangan.

6.      Yayasan tidak memiliki rencana atau maksud yang dapat berdampak material terhadap nilai berjalan atau klasifikasi aktiva dan utang.

7.      Tidak terdapat:

  • Kemungkinan unsur tindakan pelanggaran atau unsur tindakan pelanggaran terhadap hukum dan peraturan yang berdampak yang harus dipertimbangkan untuk diungkapkan dalam laporan keuangan.
  • Kewajiban lain yang material yang diharuskan untuk dicatat atau diungkapkan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

8.   Yayasan telah memenuhi semua aspek perjanjian kontrak yang akan mempunyai dampak material terhadap laporan keuangan jika kami tidak mematuhi perjanjian tersebut.

9.   Penunjukkan hanya satu auditor untuk tahun buku yang bersangkutan.

Direktur Eksekutif
Yayasan ABC

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anda Mau Membaca Ini, Mungkin?

Account Receivable

Account Receivable

Lanjutkan membaca →