Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Media  >  Artikel saat ini

Bayar Pajak di DKI Jakarta secara Daring

Oleh   /   Jumat 25 Januari 2013  /   Tidak ada komentar

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dalam hal pembayaran pajak. Melalui kerja sama ini, wajib pajak dapat membayar pajak secara daring (online). Bahkan, wajib pajak bisa menggunakan fasilitas debet langsung melalui rekening Bank Rakyat Indonesia.

keuangan LSM

Pembayaran pajak daring menggunakan layanan manajemen kas (cash management).

Sumber: KOMPAS, Senin, 21 januari 2013, Halaman: 20.

Jakarta, Kompas – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dalam hal pembayaran pajak. Untuk tahap awal, kerja sama meliputi empat sektor, yakni pajak perhotelan, restoran, hiburan, dan parkir. Melalui kerja sama ini, wajib pajak dapat membayar pajak secara daring (online). Bahkan, wajib pajak bisa menggunakan fasilitas debet langsung melalui rekening Bank Rakyat Indonesia.

Kerja sama itu ditandatangani di Jakarta, akhir pekan lalu. Hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Bank BRI Sofyan Basir dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta Iwan Setiawandi menyampaikan, sistem pembayaran dalam jaringan (daring) akan memudahkan wajib pajak. ”Ada 10.995 wajib pajak yang tercatat,” kata Iwan. Target penerimaan pajak DKI Jakarta pada tahun 2013 senilai Rp 40 triliun. Jumlah itu diperoleh dari pembayaran pajak 13 sektor.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Muhamad Ali menjelaskan, secara bertahap, sektor pajak yang bisa dibayar secara daring melalui BRI akan bertambah. Pembayaran pajak daring menggunakan layanan manajemen kas (cash management). Wajib pajak yang ingin memanfaatkan layanan ini harus membuka rekening di BRI.

Pemerintah bisa menagih pajak, mengecek aktivitas setoran pajak, dan penghimpunan dana. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga bisa memantau pendapatan daerah dari pajak. Sebelumnya, BRI sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor dalam layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan. (IDR)

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Cara Kemenkop Tumbuhkan UKM di Daerah Perbatasan

Selengkapnya →