Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Beberapa Pengertian Pajak

Oleh   /   Senin 4 April 2016  /   Tidak ada komentar

Beberapa pengertian berikut, khususnya yang berhubungan dengan pemeriksaan pajak, perlu dikutip kembali dalam rangka mempelajari buku ini meskipun dalam undang-undang perpajakan.

Beberapa Pengertian Pajak

Beberapa Pengertian Pajak

Beberapa pengertian berikut, khususnya yang berhubungan dengan pemeriksaan pajak, perlu dikutip kembali dalam rangka mempelajari buku ini meskipun dalam undang-undang perpajakan yang berkenaan dan aturan pelaksanaannya, telah dirumuskan secara jelas.

  1. Pemeriksaan adalah serangkaian kegiatan untuk mencari, mengumpulkan, mengolah data dan keterangan lainnya, untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan serta untuk tujuan lain, dalam rangka melaksanakan ke-tentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
  2. Wajib pajak adalah orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan, termasuk pemungut pajak atau pemotong pajak tertentu.
  3. B. Badan adalah sekumpulan orang dan atau modal yang merupakan kesatuan, baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha, yang meliputi perseroan terbatas, perseroan komanditer, perseroan lainnya, badan usaha milik negara atau daerah, dengan nama dan bentuk apapun, firma, kongsi, koperasi, dana pensiun, persekutuan, perkumpulan, yayasan, organisasi masa, organisasi sosial politik, atau organisasi yang sejenis, lembaga, bentuk usaha tetap dan bentuk badan lainnya.
  4. D. Pemeriksa pajak adalah pegawai negeri sipil di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak atau tenaga ahli yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak, yang diberi tugas, wewenang dan tanggungjawab untuk melaksanakan pemeriksaan pajak.
  5. E. Pembukuan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, biaya, jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laporan keuangan, berupa neraca dan laporan laba rugi pada setiap tahun pajak berakhir.
  6. F. Penelitian adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menilai kelengkapan pengisian surat pemberitahuan dan lampiran-lampirannya termasuk penilaian tentang kebenaran penulisan dan penghitungannya.
  7. G. Closing conference (pembahasan akhir) adalah pembahasan yang dilakukan antara pemeriksa pajak dengan wajib pajak atas temuan selama pemeriksaan dan hasil bahasan temuan tersebut, baik yang disetujui maupun yang tidak disetujui, dituangkan dalam berita acara hasil pemeriksaan yang ditandatangani oleh pemeriksa pajak dan wajib pajak.
  8. H. Kertas kerja pemeriksaan adalah catatan secara rinci dan jelas yang diselenggarakan oleh pemeriksa pajak mengenai prosedur pemeriksaan yang ditempuh, pengujian yang dilakukan, bukti, keterangan yang dikumpulkan dan kesimpulan yang diambil sehubungan dengan pelaksanaan pemeriksaan.
  9. I. Laporan pemeriksaan pajak adalah laporan tentang hasil pemeriksaan yang disusun oleh pemeriksa pajak secara ringkas dan jelas serta sesuai dengan ruang lingkup dan tujuan pemeriksaan.
  10. J. Bukti permulaan adalah keadaan dan atau bukti-bukti, baik berupa keterangan, tulisan, perbuatan atau benda-benda yang dapat memberikan petunjuk bahwa suatu tindak pidana sedang atau telah terjadi, dilakukan oleh wajib pajak yang dapat menimbulkan kerugian pada negara.
  11. K. Penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan adalah serangkaian tindakan yang dilakukan oleh penyidik untuk mencari serta mengumpulkan bukti, dengan bukti itu membuat terang tindak pidana di bidang perpajakan yang terjadi serta menemukan tersangkanya.

Disarikan dari buku: Pemeriksaan Pajak di Indonesia, Penulis: Hanantha Bwoga, Yoseph Agus, Tony Marsyahrul, Hal: 4-6.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Pelaporan Keuangan Harus Mampu Menyediakan Informasi

Selengkapnya →