Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Bencana dan Kerelawanan Perempuan Diffabel

Oleh   /   Selasa 29 November 2011  /   Tidak ada komentar

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization).

keuangan LSM

Bencana dan Kerelawanan Perempuan Diffabel

Jurnal Galang: Vol. 3, No. 1, Februari 2008
Penerbit: PIRAMEDIA, 2008

Perempuan dan kerelawanan adalah dua kata yang secara filosofis memiliki makna yang kait-mengait. Kerelawanan sebagai suatu aktivitas transfer sumber daya yang dilakukan dengan cara sukarela dan tidak didasarkan pada renumerasi, bersinggungan erat dengan karakter perempuan yang welas asih dan sensitif.

Perempuan memiliki modal alami untuk menjadi seorang relawan sejati. Namun, dalam masyarakat yang patriarki peran perempuan dalam kerelawanan tidak terlalu kentara karena apa yang mereka lakukan dianggap sebagai hal yang lumrah.

Pada terbitan kali ini kami menampilkan beragam perspektif peran perempuan dalam kaitannya dengan kerelawanan. Artikel Dati mengungkapkan bagaimana bencana yang sama bisa mengakibatkan dampak berbeda untuk komunitas yang berbeda. Penulis mengambil kasus komunitas perempuan difabel (different ability), yang dalam situasi bencana, dihadapkan pada kerentanan berganda terhadap bencana, khususnya dalam situasi pasca bencana di Jogja, 27 Mei 2006.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →