Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Biaya atas Kerahasiaan

Oleh   /   Rabu 14 Oktober 2015  /   Tidak ada komentar

Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa pasar keuangan rahasia internasional sebenarnya tidak selalu dapat dikatakan sebagai pasar yang memiliki tingkat monopoli yang tinggi tetapi sebaliknya juga terdapat tingkat kompetisi.

Biaya atas kerahasiaan

Biaya atas kerahsiaan

Walaupun masih kurang jelas keberadaannya namun dapat diperkirakan bahwa sumber yang memiliki berbagai kendala dan resiko akan lebih tinggi biayanya (tergantung dari tingkat kerahasiaannya) disbanding dengan sumber yang tersedia secara wajar di pasar keuangan internasional. Produk khusus yang ditawarkan/ditransaksikan dipasar keuangan rahasia tersebut lazimnya memiliki opportunity cost yang tinggi sesuai dengan sifat serta tingkat kerahasiannya sehingga tingkat “harga” yang terjadi tidak lagi mengacu atau berpatokan pada harga pasar yang berlaku tetapi lebih pada hasil atau dasar negosiasi.

Mengingat pasar keuangan demikian tersebar luas di sejumlah tempat, wilayah atau negara tertentu maka tingkat permintaan dan penawaran dana rahasia tersebut juga terdapat persaingan cukup ketat (sesuai karakteristik masing-masing) seperti yang lazim terjadi di pasar keuangan yang normal. Seperti lazimnya teori ekonomi klasik yang berkaitan dengan hukum permintaan dan penawaran maka disini berlaku hal serupa yaitu sepanjang jumlah permintaan akan dana rahasia lebih besar dari penawarannya maka juga berlaku hal yang sama dimana tingkat harga yang ditawarkan atau terjadi juga tinggi bagi pengguna/pemakai. Dengan semakin ketatnya kompetisi diantara para penyedia serta semakin mudahnya memperoleh sumber dana rahasia tersebut maka akan semakin rendah tingkat harga yang terjadi. Bagi para pemakai yang rasional maka akan berusaha mencari sumber-sumber yang relatif menguntungkan pada berbagai pasar keuangan yang tersedia diberbagai tempat.

Harga Sumber 7 Keuangan Rahasia

Apabila produk keuangan rahasia dapat diperjual belikan di pasar nasional, regional maupun internasional yang dimanifestasikan dalam bentuk penawaran, permintaan, tingkat harga serta biaya dan adanya kompetisi pada dirinya, maka pada dasarnya analisa pasar secara rasional dapat dilakukan. Namun tidak demikian dengan yang dihadapi pada pasar keuangan rahasia dimana kebutuhan data/informasi yang nyata sulit didapat sehingga berbeda kondisinya dengan pasar keuangan normal yang keberadaannya dan informasinya dapat diketahui secara jelas karena adanya aturan-aturan baku yang berlaku.

Disisi permintaan terdapat berbagai jenis sifat atau perilaku diantara para pencari sumber keuangan ybs yang dimanifestasikan a.I. dalam bentuk tingkat keinginan dan kemampuan untuk membayar harga yang ditawarkan, sementara disisi lain juga terdapat sejumlah penjual dana rahasia tradisional yang hanya beroperasi di tempat-tempat atau wilayah-wilayah tertentu yang keberadaannya atau izinnya dapat diperoleh dengan mudah, sementara dipihak lain juga terdapat tempat-tempat yang sejak awal merupakan tempat penyimpanan yang aman seperti misalnya di Switzerland yang dapat dan mampu menetapkan premi yang tinggi yang pada gilirannya mampu menarik para pesaing sehingga menciptakan struktur pasar alternatif yang lebih kompetitif.

Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa pasar keuangan rahasia internasional sebenarnya tidak selalu dapat dikatakan sebagai pasar yang memiliki tingkat monopoli yang tinggi tetapi sebaliknya juga terdapat tingkat kompetisi seperti halnya pasar keuangan yang normal walaupun analisa pasar normal tidak dapat dilakukan dalam pasar keuangan rahasia tersebut.

Disarikan dari buku: Sumber Keuangan Rahasia dan Seluk Beluknya, Penulis: Rijanto Sastroadmodjo, Hal: 20-21.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Amnesti Pajak: Sarana Menuju Kemandirian Bangsa

Selengkapnya →