Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Biaya, Pendapatan dan Laba

Oleh   /   Sabtu 26 April 2014  /   Tidak ada komentar

Akuntansi memperlakukan transaksi pengembalian ekuitas dengan membentuk elemen khusus yang disebut elemen pengembalian ekuitas (withdrawals).

KeuanganLSM

Biaya, Pendapatan dan Laba

Perusahaan melakukan kegiatan bisnis untuk menghasilkan laba. Kegiatan utama bisnis dapat diklasifasi menjadi 2 (dua), yaitu kegiatan menggunakan dana dalam rangka menghasilkan produk/jasa, dan kegiatan memperoleh dana yang berasal dari penyediaan jasa atau oenjualan produk. Kegiatan bisnis yang pertama memunculkan biaya, sedangkan pendapatan merupakan salah satu sumber pemorelahan dana.

Elemen biaya dan elemen pendapatan dibentuk agar akuntansi dapat menyajikan secara khusus informasi tentang hasil kegiatan bisnis perusahaan. Pada akhir perioda perusahaan menandingkan antara elemen biaya dan elemen pendapatan tersbeut untuk mengetahui kinerja perusahaan (laba atau rugi). Perusahaan menghasilkan laba jika pendapatan lebih besar dibanding biaya. Sebaliknya, perusahaan mengalami rugi jika biaya lebih besar dibanding pendapatan.

KeuanganLSM

Pengembalian Ekuitas

Pada situasi tertentu transaksi pengembalian ekuitas ke pemiliki dapat terjadi. Di perusahaan perseorangan dan persekutuan, pengembalian ekuitas terjadi ketika pemilik mengambil dana perusahaan untuk kepentingan perusahaan. Di perusahaan perseroan (PT), pengembalian ekuitas terjadi ketika perusahaan mengumumkan pendistribusian/pembagian dividen.

Akuntansi memperlakukan transaksi pengembalian ekuitas dengan membentuk elemen khusus yang disebut elemen pengembalian ekuitas (withdrawals). Sesuai namanya, elemen pengembalian ekuitas ini merupakan salah satu jenis penggunaan dana oleh perusahaan.

Disarikan dari buku: Akuntansi Itu ternyata Logis dan Mudah, Penulis: Dr. sony Warsono, Arif Darmawan, M. Arsyadi Ridha, Hal: 16-17.

 

 

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Pelaporan Keuangan Harus Mampu Menyediakan Informasi

Selengkapnya →