Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Strategi Memberantas Korupsi

Oleh   /   Selasa 17 Mei 2011  /   Tidak ada komentar

Jeremy Pope

Kata Pengantar: Erry Riyana Hardjapamekas
Ahli Bahasa: Masri Masri

Edisi pertama: Maret 2003

Kerja sama antara Transparancy Internasional Indonesia
Dan
Yayasan Obor Indonesia
Jakarta, 2003

Judul asli:
Confronting Corruption: The Elements of National Integrity System,
by Jeremy Pope. Copyringht © Jeremy Pope and Transparancy International 2000

Diterjemahkan diterbitkan pertama kali dalam bahasa Indonesia Hak Cipta dilindungi Oleh Yayasan Obor Indonesia Atas persetujuan resmi dan bekerja sama dengan Transparancy International Indonesia dan dengan dukungan Open Society Institute (OSI).

Bagian pertama buku panduan ini membahas tentang-tentang dan memaparkan konsep sistem integritas nasional, yang dapat digunakan sebagai sebuah kerangka untuk membahas berbagai pendekatan guna memahami berbagai isu yang menonjol.

Bagian kedua membahas “pilar-pilar” kelembagaan sistem integritas nasional, dan pengujian pilar-pilar itu dari sisi peranan dan prasyarat yang harus independen dan terbuka sehingga memungkinkan pilar-pilar itu menjalankan fungsinya masing-masing dengan efektif. “Pilar-pilar” itu tidak terbatas hanya ada struktur resmi kelembagaan negara, tetapi mencakup pula media-massa, sektor swasta dan masyarakat sipil. Setiap fungsi sistem integritas mana pun harus berakar pada pandangan luas yang berangkat dari sikap dan tahapan publik. Sistem itu harus mampu menghadapi kegiatan-kegiatan publik secara luas (baik sebagai sumber yang mengutuk praktik korupsi maupun sebagai pemberi suap).

Bagian ketiga membahas “alat-alat” – peraturan dan praktik dalam yang diperlukan “pilar-pilar” kelembagaan. “Di sini tidak saja dibahas praktik birokrasi dan penegakan hukum, tetapi juga perubahan-perbahan lebih luas yang perlu dihindari. Setiap “pilar” kelembagaan harus memenuhi syarat-syarat penting tertentu, dan syarat-syarat ini akan dibahas satu per satu.

Bagian keempat menyajikan tinjauan singkat tentang pelajaran yang dapat ditarik dari upaya untuk memerangi korupsi yang sedang dijalankan di seluruh dunia. Bagian kelima berisi kumpulan “praktik terbaik” (best practices) yang mulai bermunculan. Kumpulan ini terlalu tebal jika diterbitkan dalam bentuk buku. Kumpulan lengkap tersedia pada situs web TI dan dam CD-ROM. Kumpulan ini terus bertambah, karena “praktik terbaik” terus tercipta.

Alamat Penerbit:
Jl. Plaju no. 10, Jakarta 10230

Telepon. (021) 326978; 3920114 & 324488
Faks. (021) 324 488
Email: obor@ub.net.id
http://www.obor.or.id

    Cetak       Email

About the author

Yudhis adalah salah satu pengelola keuangan LSM, aktif di Yayasan Penabulu sebagai program officer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →