Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Artikel saat ini

Cara Cepat Dapat Modal

Oleh   /   Selasa 16 April 2013  /   Tidak ada komentar

Melalui edukasi tersebut diharapkan para pelaku UMKM tidak hanya mahir dalam mengelola usaha saja, tetapi mereka juga diharapkan “melek” (literate) terhadap produk-produk pembiayaan dari perbankan dan lembaga keuangan lainnya yang dapat mendongkrak (leverage) pertumbuhan usaha mereka dengan lebih cepat.

Cara Cepat Dapat Modal

Cara Cepat Dapat ModalPenulis: Supriyono Soekarno

Penulis: Supriyono Soekarno
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010

Sebagaimana dimaklumi bahwa para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menghadapi berbagai masalah. Berbagai hasil penelitian menyatakan bahwa permasalahan yang dihadapi tersebut meliputi manajemen usaha yang masih tradisional, kualitas sumber daya manusia yang masih belum memadai, teknik produksi yang masih terbatas, dan sulitnya akses pembiayaan usaha/ kredit kepada perbankan dan lembaga keuangan bukan bank lainnya. Terbatasnya akses para pelaku UMKM kepada perbankan tersebut disebabkan adanya persyaratan formal perbankan, UMKM pada umumnya tidak memiliki usaha yang formal perbankan, rencana bisnis, laporan keuangan dan pengalaman usaha. UMKM juga tidak mampu menyediakan agunan dan tidak mempunyai modal sendiri yang memadai. Selain itu disebabkan pula adanya kesenjangan informasi (information gap).

Para pelaku UMKM pada umumnya awam terhadap produk dan proses teknis perbankan, sedangkan para banker pada umumnya masih menggunakan bahasa-bahasa perbankan yang terkadang sulit dimengerti oleh para pelaku UMKM, sehingga terjadilah apa yang disebut sebagai information gap tersbut. Akibatnya, para pelaku UMKM merasa sulit untuk mendapatkan pembiayaan dari bank, sementara para banker pun merasa sulit mencari UMKM yang layak dibiayai.

Untuk memperkecil information gap tersebut diperlukan proses edukasi yang memadai bagi para pelaku UMKM yang seharusnya dilakukan secara dini. Melalui edukasi tersebut diharapkan para pelaku UMKM tidak hanya mahir dalam mengelola usaha saja, tetapi mereka juga diharapkan “melek” (literate) terhadap produk-produk pembiayaan dari perbankan dan lembaga keuangan lainnya yang dapat mendongkrak (leverage) pertumbuhan usaha mereka dengan lebih cepat. Edukasi tersebut tentu dapat dilakukan melalui berbagai media yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, salah satunya adalah melalui buku panduan yang dapat memberikan pengetahuan dan menentukan para pelaku UMKM dalam mengakses sumber-sumber pemodalan.

Buku ini akan menunjukkan banyak cara untuk mendapatkan dan mengelola dana secara cepat dan efektif. Anda akan belajar:

  • Bagaimana menghitung kebutuhan modal bisnis Anda?
  • Kemana Anda harus mencari modal berdasarkan sekala bisnis Anda?
  • Apa saja yang perlu Anda ketahui saat memilih sumber dana?
  • Persyaratan apa saja yang harus Anda siapkan untuk mengajukan proposal permohonan pinjaman?
  • Apa yang harus dilakukan setelah Anda mendapat modal?
    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →