Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Dasar-dasar Akuntansi Pemerintah

Oleh   /   Rabu 25 Mei 2011  /   Tidak ada komentar

Buku ini membahas sistem akuntansi pemerintah yang berlaku untuk negara bagian, dan pemerintah lokal di Amerika Serikat sebagaimana diatur dalam statement yang diterbitkan oleh Governmental Accounting Office.

keuangan LSM

Dasar-dasar Akuntansi Pemerintah

Penulis: Drs. Oetoet Wibowo, Ak.
Penerbit: PT Pradnya Paramita
Cetakan Pertama: Tahun 1996
Dicetak oleh: PT Karya Unipress

Buku ini membahas sistem akuntansi pemerintah yang berlaku untuk negara bagian, dan pemerintah lokal di Amerika Serikat sebagaimana diatur dalam statement yang diterbitkan oleh Governmental Accounting Office) Amerika Serikat diatur dalam manual-manual yang diterbitkan oleh badan Pemeriksa Keuangan Amerika Serikat (US General Accounting Office), US Office of Management and Budget, dan US Department of Treasury. Walaupun demikian dalam salah satu pernyataanya Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Amerika Serikat menyatakan bahwa standar akuntansi yang diberlakukan untuk pemerintah federal sejauh mungkin akan konsisten dengan standar yang disusun oleh GASB untuk negara bagian dan pemerintah lokal.

Sesuai judulnya, buku ini berisi dasar-dasar akuntansi pemerintah. Oleh karena itu akan bermanfaat apabila digunakan sebagai buku awal dalam mempelajari akuntansi pemerintah, sebagai sarana untuk mempelajari buku-buku yang lebih lanjut. Walaupun buku ini bersifat dasar tetapi untuk dapat mempelajarinya seseorang harus sudah belajar pengantar akuntansi.

Materi buku ini merupakan sebagian dari menteri kuliah akuntansi pemerintah yang kami berikan pada Program Diploma III Anggaran (Semester IV) pada Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan, Departemen Keuangan.

    Cetak       Email

About the author

Yudhis adalah salah satu pengelola keuangan LSM, aktif di Yayasan Penabulu sebagai program officer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →