Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Profil Anggota  >  Artikel saat ini

Delky Nofrizal Qutni

Oleh   /   Senin 29 April 2013  /   Tidak ada komentar

Delky Nofrizal Qutni

Delky Nofrizal Qutni

Pria yang bernama lengkap Delky Nofrizal Qutni ini adalah salah satu pemuda Aceh yang mulai terjun ke dunia organisasi pada tahun 2008. Namun seiring perjalanan di organisasi Delky mencoba untuk fokus bergerak tentang daerah tertinggal dan kawasan terpencil di Aceh. hal ini berawal dari lahirnya kepedulian Delky terhadap kondisi daerah tertinggal di Aceh yang kaya akan potensi alam namun masih berada dalam status tertinggal. Dan akhirnya Delky sering turun dan melakukan aksi-aksi yang berhubungan dengan daerah tertinggal dan kawasan terpencil di Aceh.

Solidaritas untuk Rakyat Daereh Terpencil atau disingkat dengan SuRaDT merupakan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dibentuk oleh para aktivis muda Aceh yang selama ini melakukan advokasi secara rutin terkait pembangunan permasalahan pembangunan daerah terpencil dengan membentuk buffer-buffer aksi. Permasalahan yang selama ini menjadi fokus advokasi diantaranya pembangunan akses jalan Trumon-Buloh Seuma-Kuala Baru. Bermodalkan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat para aktivis muda tersebut bersama dengan beberapa tokoh masyarakat sepakat untuk menjadikan SuRaDT sebagai wadah yang bersifat permanen dan memiliki status secara hokum. SuRaDT bertujuan untuk percepatan proses pembangunan kawasan terpencil dan atau kawasan tertinggal (baik dari sektor ekonomi, politik, sosial budaya, infrastruktur publik dan lain-lain) yang ada di Aceh guna terwujudnya pemerataan pembangunan yang berkeadilan sebagaimana dicantumkan dalam pancasila dan UUD 1945.

Pertimbangan utama didirikannya SuRaDT dikarenakan masih banyaknya kawasan di Aceh yang pada notabenenya tergolong sebagai daerah terpencil dan atau tertinggal sehingga dibutuhkan pemberdayaan secara maksimal dari berbagai sektor. Bahkan berdasarkan kondisi objektif bahwasanya daerah/kawaan terpencil dan tertinggal di Aceh menyumbang angka kemiskinan terbesar yaitu melibihi 60% dari angka kemiskinan di aceh. Berpijak dari dinamika tersebut kami menilai perlu adanya sebuah lembaga yang khusus bergerak untuk percepatan daerah terpencil guna membantu kerja pemerintah dalam mewujudkan pembagunan yang merata dan berkeadilan.

SuRaDT telah di bentuk sejak 17 September 2011 untuk melakukan advokasi pembangunan di beberapa kawasan terpencil dan tertinggal yang ada di Aceh. Sehubungan dengan Provinsi Aceh sebagai daerah otonomi khusus maka lembaga ini diberikan kewenangan untuk membuat akte notaris sendiri dan telah di akte Notariskan di Notaris Husna, SH. M.Kn Banda Aceh pada tanggal 4 Agustus 2012 dan Kepengurusannya telah di susun sedemikian rupa demi terwujudnya tujuan dan lembaga.

Sehari-hari Delky Nofrizal Qutni dapat dihubungi melalui akun email: delky.aceh@gmail.com.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Ghefira Ikhlasya Gadis Rindu Islami

Selengkapnya →