Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Diaspora Filantropi: Potensi yang Belum Tergali

Oleh   /   Kamis 29 September 2011  /   2 Komentar

Dalam Galang edisi kali ini, kami mengetengahkan tema filantropi komunitas dan diaspora. Diaspora merupakan sebuah fenomena yang sebagian orang menganggap sebagai sebuah tradisi lama bangsa-bangsa.

keuangan LSM

Diaspora Filantropi: Potensi yang Belum Tergali

Jurnal Galang: Vol. 3, No. 2, Juli 2008
Penerbit: PIRAMEDIA, 2008

Dalam Galang edisi kali ini, kami mengetengahkan tema filantropi komunitas dan diaspora. Diaspora merupakan sebuah fenomena yang sebagian orang menganggap sebagai sebuah tradisi lama bangsa-bangsa, namun ada juga yang menganggap sebagai salah satu dampak globalisasi yang tidak terelakkan.

Meskipun demikian sebagian besar para perantau baik lokal/nasional (antar kota dalam negeri) maupun trans-nasional, pada dasarnya, termotivasi dalam bermigrasi adalah oleh sebuah harapan atas penghidupan yang lebih baik dan layak di masa yang akan datang. Dengan berbekal kapasitas dan keahliannya masing-masing, para perantau mengadu ‘nasib’ di kota atau negara tujuan.

Hasilnya kemudian mereka kirimkan kembali (remittance) kepada keluarga (kinship network), maupun komunitas dan masyarakat di tempat mereka berasal. Kegiatan ini menunjukkan tanda-tanda bahwa filantropi juga menjadi salah satu aspek dari remittance tersebut. Munculnya filantropi diaspora, sebuah investasi sosial filantropis dari para migran yang baru dan mengembalikannya ke negara asal mereka, menjadi salah satu aspek pembangunan yang signifikan.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

2 Comments

  1. dian berkata:

    saya mau pesan jurnal galangnya, bgmn caranya

  2. Endra M Yusuf berkata:

    Salam hangat
    Mbak Dian

    Untuk berlangganan atau mendapatkan Jurnal Galang, mbak Dian dapat langsung memesan ke PIRAC dengan alamat:
    PIRAC
    Jl. M. Ali no. 2 RT 003/04 Tanah Baru Beji Depok
    Telp. 021 7756071

    atau lewat email dengan alamat:
    pirac@cbn.net.id.

    Semoga dapat membantu.

    Salam,
    Admin Keuanganlsm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →