Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Diaspora Giving

Oleh   /   Rabu 28 September 2011  /   2 Komentar

Buku ini terdiri atas dua bagian yang secara umum memaparkan latar belakang topik-topik utama seputar peran diaspora dalam pembangunan jangka panjang, mekanisme-mekanisme dan saluran-saluran untuk derma diaspora.

Diaspora Giving

Diaspora Giving

Penulis: Dede Rusdiana & Zaim Saidi
Pandangan Umum: Mark Sidel
Penerbit: PIRAMEDIA, 2008

Buku ini terdiri atas dua bagian yang secara umum memaparkan latar belakang topik-topik utama seputar peran diaspora dalam pembangunan jangka panjang, mekanisme-mekanisme dan saluran-saluran untuk derma diaspora, inovasi-inovasi, kaitan-kaitan, lingkungan yang memberikan peluang lalu akhirnya tindakan-tindakan nyata yang dapat diambil untuk mendorong pergeseran ke derma yang lebih strategis.

Kupasan lebih mendalam buku ini mengacu pada format yang terdiri atas enam butir-butir besar berikut:

Profil populasi diaspora yang menyangkut pertanyaan-pertanyaan siapa itu diaspora dan seperti apa gambaran mereka.

Praktik-praktik dan pola-pola derma diaspora yang meliputi pertanyaan-pertanyaan bagaimana mereka memberi, kepada siapa, seberapa kerap dan melalui mekanisme seperti apa.

Dampak filantropi diaspora dengan pertanyaan-pertanyaan apakah filantropi diaspora mendatangkan perbedaan, apakah terjadi pergeseran mengarah pada derma yang lebih strategis, seperti apa contoh-contoh yang ada, apa isu-isu dan tantangan-tantangan filantropi diaspora strategis.

Lingkungan yang mendukung atau memberi peluang dengan pertanyaan-pertanyaan seputar sudahkah pemerintah menggalakkan filantropi diaspora, apakah kebijakan-kebijakan pemerintah bersifat fasilitatif atau menghambat derma diaspora.

Rekomendasi tindakan yang mencakup pertanyaan-pertanyaan bagaimana filantropi diaspora yang lebih strategis dapat digalakkan.

Kajian-kajian kasus yang memberikan ilustrasi tentang filantropi diaspora (selaku fasilitator/saluran-saluran dalam kemitraan, sebagai investor sosial dan dalam perelawanan (volunteering).

Dengan peluncuran buku ini Penerbit harap masyarakat Indonesia, khususnya para peminat lebih-lebih pegiat filantropi memperoleh gambaran terkini tentang filantropi di Kawasan Asia Pasifik juga gambaran yang terjadi di tanah air. Tentu saja, pengetahuan yang berasal dari buku ini diharapkan akan mengembangkan praktik-praktik filantropi di Indonesia.

    Cetak       Email

2 Comments

  1. Lestari berkata:

    Kalau saya mau baca harus berlangganan dulu, bayar nya berapa?

  2. Endra M Yusuf berkata:

    untuk membaca isi konten dari web keuanganlsm.com itu gratis
    semoga informasi ini bermanfaat

    salam
    admin,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →