Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Penggalangan Dana  >  Artikel saat ini

2 Jenis Kedermawanan: Hibah Sosial dan Hibah Pembangunan

Oleh   /   Kamis 17 Mei 2012  /   1 Komentar

Istilah kedermawanan dibatasi sebagai “perpindahan sumberdaya secara sukarela untuk tujuan sedekah, sosial, dan kemasyarakatan… terdiri atas dua bentuk utama yaitu pendayagunaan hibah sosial dan pembangunan.”

keuangan LSM

Ciri yang sama dari keduanya adalah karakter nirlabanya sedangkan ciri yang membedakan adalah pada hubungan pemberi dan penerima dan proses pengembangan kegiatannya

Istilah kedermawanan dibatasi sebagai “perpindahan sumberdaya secara sukarela untuk tujuan sedekah, sosial, dan kemasyarakatan… terdiri atas dua bentuk utama yaitu pendayagunaan hibah sosial dan pembangunan.” Yang dimaksud dengan hibah sosial adalah “bantuan kepada suatu organisasi nirlaba untuk kegiatan-kegiatan sosial, pendidikan, sedekah, atau kegiatan lain yang melayani kemaslahatan masyarakat dengan hak pengelolaan hibah sepenuhnya pada penerima”. Sedangkan yang dimaksud dengan hibah pembangunan adalah “bantuan selektif kepada satu organisasi nirlaba yang menjalankan suatu kegiatan atau agenda yang sejalan dengan organisasi pemberi bantuan. ”

Ciri yang sama dari keduanya adalah karakter nirlabanya. Ciri yang membedakan adalah pada hubungan pemberi dan penerima dan proses pengembangan kegiatannya. Hibah sosial berangkat dari paradigma kedermawanan sosial/sedekah sedangkan hibah pembangunan berangkat dari paradigma pengembangan masyarakat (CD) .

Hibah sosial dicirikan oleh adanya hubungan donor-penerima, yang diawali oleh suatu permintaan atau surat permohonan dan diarahkan sesuai dengan prioritas atau keinginan pemberi. Sedangkan hibah pembangunan dicirikan oleh langkah proaktif kedua (atau lebih) belah pihak dan kemampuan mereka mengelola program untuk memenuhi kebutuhan pembangunan daerah sasaran. Dapat pula dikatakan hibah sosial berangkat dari paradigma kedermawanan sosial/sedekah sedangkan hibah pembangunan berangkat dari paradigma pengembangan masyarakat (CD) .

Disarikan dari buku: Menjadi Bangsa Pemurah, Penulis: Zaim Saidi & Hamid Abidin, Halaman: 61.

    Cetak       Email

1 Comment

  1. Muhammad Munzirin berkata:

    SAYA seorang pendidik di Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung batu
    Kab. Ogan Ilir Sumsel Akan mendirikan SMA Swasta di Daerah Kami. Dan Langsung
    menerima Siswa Baru PADA years pelajaran inisial. Gedung Akan menumpang di SMP
    Seri tanjung. Maka Bahasa Dari ITU SAYA Mohon Kiranya mendapatkan bantuan untuk pengadaan Gedung
    RUANG kelas Dan Kantor. Atas perhatian diucapkan terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

OMS Merubah Paradigma Donor

Selengkapnya →