Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Empat Piranti Utama Manajemen Keuangan

Oleh   /   Rabu 7 Maret 2012  /   Tidak ada komentar

Ada banyak peralatan yang tidak mesti bersifat finansial semuanya yang bisa dipakai manajer OMS untuk membantu mereka dalam menerapkan praktik manajemen dan pengendalian keuangan yang baik yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengawasan.

keuanganLSM

Empat Piranti Utama Manajemen Keuangan

Ada banyak peralatan yang tidak mesti bersifat finansial semuanya yang bisa dipakai manajer OMS untuk membantu mereka dalam menerapkan praktik manajemen dan pengendalian keuangan yang baik. Di bawah ini adalah uraian singkat tentang empat peranti utama manajemen keuangan OMS berikut instrumen-instrumennya.

  • Perencanaan. Perencanaan adalah dasar di dalam setiap proses manajemen, dan membutuhkan kemampuan penglihatan ke depan untuk menyiapkan masa depan sebaik mungkin. Ketika menyusun suatu rencana  progam kerja OMS secara keseluruhan,  para manajer OMS akan mempertimbangkan beberapa alternatif yang mungkin ditempuh lantas membuat sejumlah pilihan atau keputusan. Perencanaan harus selalu memajukan kerja. Instrumen: Rencana Strategis, Rencana Bisnis, Rencana Kegiatan, Rencana Kerja, Proyeksi Arus Kas, Studi Kelayakan, Anggaran (kegiatan, proyek, divisi, dan institusi), dan lain-lain.
  • Pengorganisasian. Sumber-sumber daya suatu OMS para staf dan relawan, kendaraan, properti, uang harus dikoordinasikan untuk memastikan implementasi keseluruhan rencana program kerjanya. Harus pula diperjelas kegiatan-kegiatan dan tanggung jawab apa saja yang akan dijalankan, kapan, dan oleh siapa saja. Instrumen: Konstitusi, Bagan Struktur, Diagram Alir Implementasi Program, Uraian Pekerjaan, Bagan Akun, Manual Keuangan, Anggaran dan lain-lain.

Ada banyak peralatan yang tidak mesti bersifat finansial semuanya yang bisa dipakai manajer OMS untuk membantu mereka dalam menerapkan praktik manajemen dan pengendalian keuangan yang baik yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengawasan.

  • Pengendalian. Suatu sistem pengendalian, pemeriksaan, dan penyeimbangan berkedudukan sangat mendasar dalam di dalam manajemen keuangan OMS. Sistem ini akan memastikan penerapan prosedur-prosedur kerja dan pendayagunaan sumber-sumber daya secara tepat selama pelaksanaan program. Istrumen: Anggaran, Pendelegasian kewenangan, Prosedur Pengadaan (barang dan jasa), rekonsiliasi, audit internal, dan eksternal, Daftar Aset Tetap, kebijakan tentang pemakaian kendaraan, asuransi, dan lain-lain.
  • Pengawasan. Proses ini melibatkan pembuatan informasi yang teratur dan tepat waktu bagi para manajer OMS dan pihak-pihak terkait demi tujuan-tujuan pengawasan kinerja OMS. Pengawasan meliputi pembandingan kinerja aktual dengan rencana-rencana untuk mengevaluasi efektivitas rencana-rencana, mengidentifikasi kelemahan-kelemahan secara lebih awal, dan mengambil tindakan-tindakan korektif bila diperlukan. Intrumen: Laporan Evaluasi Program, Laporan Pemantauan Anggaran, Laporan Arus Kas (penerimaan dan pembayaran), Laporan Keuangan, Laporan Implementasi Proyek, Laporan Donor, Laporan Audit, dan lain-lain.

Disarikan dari buku: Handbook: Manajemen Keuangan Organisasi Masyarakat Sipil, Penulis: Terry Lewis, Halaman: 20-22.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →