Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Filantropi Keadilan Sosial di Indonesia

Oleh   /   Kamis 10 November 2011  /   Tidak ada komentar

Tema utama yang kami angkat pada Galang edisi perdana ini adalah Social Justice Philanthropy (SJP) atau Filantropi Keadilan Sosial. Konsep ini mengacu pada praktek pemberian sumbangsih pada organisasi-organisasi nirlaba.

keuangan LSM

Filantropi Keadilan Sosial di Indonesia

Jurnal Galang: Vol. 1, No. 1, Oktober 2005
Penerbit: PIRAMEDIA, 2005

Tema utama yang kami angkat pada Galang edisi perdana ini adalah Social Justice Philanthropy (SJP) atau Filantropi Keadilan Sosial. Konsep ini mengacu pada praktek pemberian sumbangsih pada organisasi-organisasi nirlaba yang bekerja demi perubahan struktural dan memperbesar peluang mereka yang kurang beruntung secara politik, ekonomi dan sosial.

Konsep SJP ini muncul dari ketidakpuasan terhadap semakin meningkatnya skala ketidakadilan di tengah meningkatnya konsentrasi kekayaan bagi segelintir minoritas. Filantropi yang dipraktekan oleh para orang kaya dinilai kurang tepat sasaran dalam upaya mengatasi persoalan tersebut. Sebagian besar praktek filantropi tampaknya tidak ditujukan untuk mengurangi kesengsaraan ini,namun hanya mengurangi symptom atau gejalanya.

Beberapa tulisan menarik lain yang juga relevan dengan tema utama yang diangkat adalah soal kecenderungan dan perkembangan filantropi kaum perempuan di Amerika. Isu ini patut dicermati sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat dan pembelajaran bagi kaum perempuan, khususnya di Indonesia.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →