Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Filantropi Media dan Bencana di Indonesia

Oleh   /   Rabu 19 Oktober 2011  /   Tidak ada komentar

Kajian tentang filantropi dan media menjadi topik yang menarik mengingat beragam fenomena yang terjadi beberapa tahun terakhir di Indonesia. Pada dasarnya media memiliki empat fungsi, yaitu pengawasan (surveillance).

keuangan LSM

Filantropi Media dan Bencana di Indonesia

Jurnal Galang: Vol. 2, No. 1, Oktober 2006
Penerbit: PIRAMEDIA, 2006

Kajian tentang filantropi dan media menjadi topik yang menarik mengingat beragam fenomena yang terjadi beberapa tahun terakhir di Indonesia. Pada dasarnya media memiliki empat fungsi, yaitu pengawasan (surveillance), korelasi (correlation), sosialisasi (socialization), dan hiburan (entertainment).

Sebagai perwujudan fungsi-fungsi tersebut, media turut serta menginformasikan berbagai berita mulai ekonomi, politik, sosial, dan kemanusiaan. Media menerjemahkan beragam fungsi melalui beragam aktifitas, salah satunya dengan menggalang dan menyalurkan dana sosial kepada korban bencana.

Pada volume kelima ini, kami menyajikan berbagai hasil penelitian dan kajian yang berkaitan dengan beragam fenomena praktik kedermawanan sosial dikaitkan dengan peran media dalam mengembangkan filantropi baik dari perspektif lokal maupun luar negeri. Kami menyajikan hasil riset pendayagunaan dana sosial oleh media dalam kasus tsunami Aceh dan gempa Jogja sebagai pembuka.

Selanjutnya, kami memuat satu riset lain dari luar negeri mengenai upaya lembaga nirlaba di Amerika dalam meraih dukungan media untuk memasyarakatkan filantropi. Artikel lain mengungkapkan dinamika media televisi di Indonesia dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya. Dalam telaah kritis, kami memaparkan peran pekerja media dalam merespon bencana, khususnya dalam kasus tsunami Aceh. Satu artikel lain lebih menekankan pada peran televisi dalam mengembangkan demokrasi di Indonesia. Pada rubrik opini, kami menampilkan Efendi Gazali yang menyoroti tentang bagaimana pengelolaan bantuan yang efektif bagi media.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →