Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Fungsi Laporan Keuangan

Oleh   /   Selasa 6 Mei 2014  /   Tidak ada komentar

Salah satu fungsi laporan keuangan adalah Sebagai alat yang dapat memberikan petunjuk terkait dasar perencanaan kebijakan dan aktifitas perusahaan di masa datang, juga memberikan petunjuk terkait otorisasi penggunaan dana perusahaan.

KeuanganLSM

Fungsi Laporan Keuangan

Apabila dilihat dari definisi dan proses kerjanya, laporan keuangan mempunyai beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai alat pertanggungjawaban yang menunjukkan perkembangan atau kemorosotan keuangan perusahaan.
  2. Sebagai alat yang dapat memperediksi laba perusahaan hingga satu tahun ke depan.
  3. Sebagai alat yang dapat memprediksi kebangkrutan perusahaan selama satu tahun ke depan.
  4. Sebagai alat yang dapat memberikan jaminan kepada pihak-pihak yang terkait dalam penyusunan laporan keuangan dan pihak pemilik perusahaan (direktur) agar mengelola sumber daya sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan pemerintah yang berlaku.
  5. Sebagai alat yang dapat memberikan petunjuk terkait dasar perencanaan kebijakan dan aktifitas perusahaan di masa datang, juga memberikan petunjuk terkait otorisasi penggunaan dana perusahaan.
  6. Sebagai alat yang dapat memberikan petunjuk kepada pihak pemilik perusahaan (direktur) dalam menentukan apakah perusahaannya dapat meneruskan menyediakan barang atau jasa di masa mendatang atau tidak.
  7. Sebagai alat yang dapat menilai kondisi keuangan dan hasil-hasil produksi perusahaan.
  8. Sebagai alat yang dapat membandingkan kinerja keuangan aktual dengan yang dianggarkan.
  9. Sebagai alat yang dapat memberikan informasi untuk membuat keputusan ekonomi, sosial, dan politik, serta sebagai bukti pertanggungjawaban dan pengelolaan perusahaan.
  10. Sebagai alat yang dapat memberikan informasi untuk mengevaluasi kinerja manajer dan karyawan.
  11. Sebagai alat yang dapat menentukan dan memprediksi aliran kas, saldo nercaa, dan kebutuhan sumber daya finansial perusahaan jangka pendek.
  12. Sebagai alat yang dapat memonitor kinerja karyawan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati dan ketentuan lain yang diisyaratkan.
  13. Sebagai alat yang dapat memebrikan informasi seputar pengaruh akuisisi dan alokasi sumber daya terhadap pencapaian tujuan operasional perusahaan.
  14. Sebagai alat yang dapat memberikan informasi kepada pihak perusahaan, investor, dan kreditor dalam memperkirakan jumlah waktu dan ketidakpastian penerimaan kas di masa yang akan datang, yang berasal dari pembagian dividen atau pembayaran bunga dan pendapatan dari penjualan.
  15. Sebagai alat yang dapat memberikan informasi kepada pihak pemilik perusahaan, investor, dan kreditor atas sumber daya kepada perusahaan atau pemilik modal.
  16. Sebagai alat yang dapat memebrikan informasi kepada pihak pemilik perusahaan, investor, dan kreditor terkait prestasi perusahaan selama satu periode.
  17. Sebagai alat yang dapat memberikan gambaran kepada pihak pemilik perusahaan, investor, dan kreditor terkait prospek perusahaan di periode yang akan datang.
  18. Sebagai alat yang dapat memberikan informasi kepada pihak pemilik perusahaan, investor, dan kreditor terkait posisi keuangan perusahaan.
  19. Sebagai alat yang dapat memberikan informasi kepada pihak pemilik perusahaan, investor, dan kreditor terkait kinerja serta perubahan keuangan perusahaan yang bermanfaat bagi pemakai informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan.

Disarikan dari buku: Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan, Penulis: Akifa P. Nayla, Hal: 13-16.

 

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

SDM sebagai Gerbang Terakhir

Selengkapnya →