Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Good Corporate Governance

Oleh   /   Kamis 3 Juli 2014  /   Tidak ada komentar

Corporate Governance yang baik adalah gabungan antara kekuatan keuangan dan sumber daya manusia (human resources) yang berada dalam satu perusahaan. Keuntungan maksimum perusahaan bisa dicapai jika menjalankan Best Business Practice.

KeuanganLSM

Good Corporate Governance

Banyak perusahaaan di Indonesia yang menganut sistem good corporate governance, tetapi tidak secara serius dan tidak sungguh-sungguh berkomitmen untuk melaksanakannya.

Memang, tidak mudah untuk melaksanakan proses untuk menjadi perusahaan yang taat pada sistem; prosedur; peraturan perusahaan; peraturan pemerintah; tanggung jawab sosial atas lingkungan di mana perusahaan berdomisili; tanggung jawab kepada pemegang saham dan orang-orang yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung, di dalam organisasi (stakeholder); dan tanggung jawab kepada karyawan dan negara, sebagaimana yang terungkap dalam buku Essentials of Corporate Governance karangan Sanjay Anand.

 

Apa Itu Corporate Governance?

Secara sederhana, corporate governance adalah perusahaan yang dikelola dengan mengikuti semua peraturan pemerintah dan semua sistem yang berlaku umum dengan kondisi:

  • Transparancy = keterbukaan informasi
  • Accountability = dapat diukur kinerja perusahaan
  • Integrity = kejujuran dan dapat dipercaya.
  • Equity = kewajaran dalam proses pencatatan akuntansi
  • Social responsibility = tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup.

Perusahaan tidak akan mendapat keuntungan jika tidak ada customer yang membeli barang atau jasa yang dijual/dipasarkannya. Corporate Governance yang baik adalah gabungan antara kekuatan keuangan dan sumber daya manusia (human resources) yang berada dalam satu perusahaan. Keuntungan maksimum perusahaan bisa dicapai jika menjalankan Best Business Practice. Konsep ini harus berjalan bersamaan secara integral dan tidak boleh dipisahkan satu sama lain.

Semua proses yang berhubungan dengan keputusan bisnis sepenuhnya bergantung kepada manajemen yang menjalankan usaha, termasuk di da1amnya gaya kepemimpinan manajemen, proses accounting yang wajar tanpa modifikasi, etika lingkungan di mana perusahaan berdomisili, serta komunikasi antara pemerintahan setempat dan pemerintah pusat. Selain komitmen pemegang saham kepada stakeholder, kesuksesan pelaksanaan good corporate governance dalam dunia usaha sangat bergantung pada:

  • Customer (pelanggan)
  • Employee (karyawan)
  • Supplier (pemasok)
  • Civil society (lingkungan sosial)

Disarikan dari buku: Pedoman Audit Internal, Penulis: Alfred A. Kaunang, Hal: 101-102.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Kampanye Dengan Uang Haram (2/2)

Selengkapnya →