Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Website  >  Artikel saat ini

Grameen Bank

Oleh   /   Sabtu 13 Agustus 2011  /   Tidak ada komentar

keuangan LSM

Grameen Bank

Grameen Bank (GB) telah menjungkirbalikkan praktek perbankan konvensional dengan menghilangkan kebutuhan untuk agunan dan menciptakan sistem perbankan berdasarkan saling percaya, akuntabilitas, partisipasi dan kreativitas. GB memberikan kredit kepada yang termiskin dari yang miskin di pedesaan Bangladesh, tanpa jaminan.

Pada GB, kredit adalah senjata yang efektif untuk memerangi kemiskinan dan berfungsi sebagai katalis atas semua perkembangan kondisi sosial-ekonomi masyarakat miskin yang selama ini telah dihambat oleh sistem perbankan yang hanya mengutamakan nasabah yang bankable.

Professor Muhammad Yunus, pendiri “Grameen Bank” dan sebagai Managing Director, beralasan bahwa jika sumber daya keuangan dapat dibuat tersedia bagi rakyat miskin dengan syarat dan kondisi yang tepat dan masuk akal, “these millions of small people with their millions of small pursuits can add up to create the biggest development wonder.”

Pada Desember 2010, telah diperoleh 8.340.000 peminjam, 97 persen di antaranya adalah perempuan. Dengan 2.565 cabang, GB menyediakan layanan di 81.376 desa, mencakup lebih dari 97 persen dari total desa di Bangladesh.

Dampak positif Grameen Bank pada para peminjam miskin telah didokumentasikan dalam penelitian independen yang dilakukan oleh lembaga-lembaga eksternal, termasuk Bank Dunia, International Food Research Policy Institute (IFPRI) dan Bangladesh Institute of Development Studies (BIDS).

Selengkapnya Kunjungi Situs

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Pusat Pemilihan Akses penyandang cacat (PPUA PENCA)

Selengkapnya →