Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel Terbaru  >  Artikel saat ini

Hal-Hal yang dapat Diwujudkan dalam Pelaksanaan UU Desa No 6 Tahun 2014

Oleh   /   Senin 13 Maret 2017  /   1 Komentar

Menurut Undang-Undang Desa No 6 Tahun 2014 Pasal 82 dijelaskan peran serta masyarakat dalam melakukan pemantauan dan pengawasan pembangunan dalam rangka terwujudnya tata kelola pemerintahan desa yang baik.

  1. Desa dapat membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Dengan dana yang dikucurkan langsung ke desa, maka dapat digunakan oleh desa untuk mendirikan BUMDesa. Pengelolaan BUMDes sudah ditetapkan dalam peraturan desa. Hasih dari BUMDes dapat digunakan untuk pengelolaan dan pengembangan usaha, untuk membangun desa, memberdayakan masyarakat, kesejahteraan warga desa, pengentasan kemiskinan desa, dll.

  1. Swasembada pangan.

Pemerintah menargetkan bahwa ke depan desa dapat mewujudkan swasembada pangan nasional. Dengan dana desa tersebut dapat digunakan untuk pembuatan irigasi yang baik untuk memaksimalkan hasil pertanian. Dana tersebut dapat digunakan untuk membangun infrastruktur pertanian agar diperoleh hasil pertanian yang paling bagus.

  1. Masyarakat dilibatkan dalam pemantauan dan pengawasan pembangunan desa.

Menurut Undang-Undang Desa No 6 Tahun 2014 Pasal 82 dijelaskan peran serta masyarakat dalam melakukan pemantauan dan pengawasan pembangunan dalam rangka terwujudnya tata kelola pemerintahan desa yang baik. Masyarakat desa sebagai pemilik desa mempunyai hak untuk mendapatkan informasi tentang rencana dan pelaksanaan pembangunan.

Selain itu, masyarakat juga dapat memantau langsung jalannya pemerintahan desa. Dari pantauan tersebut, jika ada yang kurang tepat, maka dapat langsung dilaporkan kepada Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

Disarikan pada buku: Konstitusi Ekonomi, Penulis: V. Wiratna Sujarweni, Halaman: 5.

    Cetak       Email

1 Comment

  1. Marty berkata:

    I never thought I would find such an everyday topic so enhnarllitg!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

UMKM Sangat Perlu Dukungan Akses Pembiayaan

Selengkapnya →