Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Hubungan dengan Lembaga Dana dan Penerimaan Dana

Oleh   /   Jumat 22 Maret 2013  /   Komentar Dinonaktifkan pada Hubungan dengan Lembaga Dana dan Penerimaan Dana

Jika anda memberikan sejumlah besar uang kepada seseorang supaya orang tersebut dapat menyelesaikan sebuah proyek, apakah anda ingin mendapat setidaknya ucapan terima kasih dan mengetahui bagaimana uang tersebut digunakan? Ya, itulah sesuatu yang diharapkan lembaga donor.

keuanganLSM

Hubungan dengan Lembaga Dana dan Penerimaan Dana

Jika anda memberikan sejumlah besar uang kepada seseorang supaya orang tersebut dapat menyelesaikan sebuah proyek, apakah anda ingin mendapat setidaknya ucapan terima kasih dan mengetahui bagaimana uang tersebut digunakan? Ya, itulah sesuatu yang diharapkan lembaga donor.

Hubungan anda dengan lembaga donor, baik sebelum maupun sesudah anda menerima dana, adalah sangat penting. Hubungan tersebut harus menunjukan secara terus menerus nilai investasi lembaga donor, dan memberi inspirasi bagi lembaga donor tersebut untuk memberikan dana lagi … bahkan mungkin dalam jumlah yang jauh lebih besar!

Buklet ini membahas hubungan dengan lembaga donor dalam dua bagian: hubungan anda dengan lembaga donor sebelum dana diberikan, dan bagaimana anda menjaga hubungan setelah dana diberikan.

Dikenali dan membuat kesan pribadi pada setiap kesempatan yang memungkinkan adalah sangat penting.

Pertama, mari kita bahas tentang hubungan sebelum dana diberikan.

Berjaringan dengan Lembaga Donor Potensial

Untuk mendapatkan dana dan dalam rangka mencapai tujuan mobilisasi sumber daya, membina jaringan dengan lembaga donor sangat penting dilakukan.

Apakah yang Dimaksud dengan Membina Jaringan?

Membina jaringan adalah memperkuat koneksi anda, dalam kasus ini dengan lembaga donor. Hal ini dapat dijelaskan sebagai proses sebuah organisasi untuk mempelajari minat dan keinginan membantu dari setiap lembaga donor, sehingga anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan harapan diperolehnya dana dalam jumlah yang berarti.

Secara sederhana, untuk mendapat kesetiaan lembaga donor dapat diperoleh melalui:

  • Terus menjaga hubungan dengan orang-orang yang bekerja pada lembaga donor, terutama orang-orang yang berpengaruh dalam pemberian dana.
  • Memahami cara kerja lembaga donor dengan parameter mereka (dengan kata lain, anda harus mencari tahu siapa orang yang bisa diajak berteman, dan berhati-hatilah jangan sampai menyinggung perasaan!)
  • Selalu berterima kasih kepada organisasi maupun orang-orang yang telah memberi dana (lebih jauh tentang hal ini akan dibahas pada bagian lain dalam buklet ini).

Berikut ini adalah beberapa saran untuk membina jaringan yang berhasil:

Memperkenalkan diri

Banyak lembaga donor yang tidak ingin mengorbankan reputasi mereka dengan mendanai organisasi yang ‘tidak dikenal’. Organisasi-organisasi yang mendapatkan dana biasanya telah dikenal sebelumnya oleh lembaga donor. Dengan demikian, proses pembuatan proposal permintaan dana telah dimulai jauh sebelum anda mengajukan permohonan dana dari lembaga donor yang belum anda kenal.

Oleh karena itu maka anda dan organisasi anda harus ‘dikenal’. Dikenali dan membuat kesan pribadi pada setiap kesempatan yang memungkinkan adalah sangat penting. Misalnya dalam konferensi, lokakarya, melalui publikasi media massa (artikel, jumpa pers, berita TV, dan lain-lain). Bagi lembaga donor, tidak ada yang lebih mengesankan daripada riwayat baik tentang keberhasilan suatu proyek. Melalui jaringan, anda bisa dikenal, diperhatikan dan bahkan direkomendasikan.

Bangunlah ‘persekutuan’

Bangunlah persekutuan dengan LSM-LSM dan organisasi-organisasi lain yang dihormati oleh lembaga-lembaga donor agar nama anda juga ikut dikenal. Selain itu, bila memungkinkan sumbangkanlah gagasan yang revelan bagi jaringan-jaringan yang telah dikenal dan dihormati.

Para sukarelawan harus berpikir untuk menggunakan acara-acara yang diselenggarakan oleh kedutaan besarnya sebagai cara untuk membina jaringan. Misalnya, para sukarelawan Inggris bisa mencari akses dalam acara seperti Perayaan Pesta Ulang Tahun Ratu, sementara para sukarelawan Kanada bisa menggunakan kesempatan dalam Perayaan Hari Kanada.

Semua sukarelawan dapat meminta bantuan kepada Pelaksana Program (Program Officer) atau Kantor Perwakilan (Country Officer) untuk dikenalkan dengan orang-orang yang tepat. Kemudian, gunakanlah pengetahuan anda tentang apa yang terjadi di lapangan sebagai bahan pembicaraan dengan orang yang ingin anda ajak berjaringan.

Para sukarelawan dapat berperan penting dalam membangun persekutuan atau jaringan (sambil berkonsultasi dengan organisasi lokal), karena mereka mungkin lebih mengetahui cara-cara internasional daripada rekan-rekan mereka yang orang lokal. Tetapi, pastikanlah bahwa dalam pertemuan-pertemuan  penguatan persekutuan anda bekerja sama dengan rekan yang tepat dari organisasi di mana anda bekerja sehingga ketika masa kerja anda selesai hubungan antara organisasi dengan lembaga donor dapat terus berlanjut.

Jangan mengabaikan orang lain

Sangat penting untuk membina jaringan dengan orang-orang dari lembaga-lembaga donor meskipun lembaga donor tersebut tidak sedang memberi bantuan, belum pernah memberi bantuan, atau telah selesai memberi bantuan kepada organisasi anda. Jagalah hubungan yang telah terbina dengan lembaga donor dan pihak-pihak lain, terlepas dari status pendanaan anda. Ingatlah bahwa lembaga-lembaga donor berhubungan satu sama lain dan membahas penerima dana yang dianggap potensial, yang mungkin saja itu berarti anda! Dengan demikian lembaga donor saling membina jaringan atas nama anda, jadi sangatlah penting bahwa mereka mengenal anda, membicarakan anda dan merekomendasikan anda kepada lembaga dana yang lain tanpa peduli apakah anda menerima dana dari mereka maupun tidak.

Memelihara hubungan baik

Hubungan dengan orang-orang dari lembaga donor sangatlah penting dan dapat mendatangkan keberhasilan. Membina jaringan pada acara-acara seperti lokakarya adalah cara yang baik untuk terjalinnya hubungan tatap muka. Selain itu, carilah informasi mengenai kapan lembaga donor yang potensial mengganti Program Officernya. Kemudian, kirimlah surat berisi ucapan selamat menempati posisi baru kepada orang yang bersangkutan, kenalkanlah diri anda, terangkanlah secara singkat hubungan anda dengan lembaga donor tempatnya bekerja dan undanglah orang baru tersebut untuk mengunjungi organisasi anda ketika ia berada di daerah anda.

Jika permohonan dana anda tidak disetujui, kirimlah surat dan dengan sopan meminta komentar serta nasehat mereka demi perbaikan pengajuan dana di masa yang akan datang (perlu diketahui bahwa banyak lembaga tidak lagi mempunyai waktu dan staf yang muncukupi untuk memberi masukan pribadi).

Disarikan dari buku: Buklet Hubungan dengan Lembaga Dana dan Penerimaan Dana (Buklet 4 dari 11 Seri Pengerahan Sumber Daya), Penulis: Nina Doyle, Halaman: 1-4.

    Cetak       Email

You might also like...

Pemda Jangan Hanya Andalkan DAU-DAK

Selengkapnya →