Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Imbalan Pascakerja: Program Iuran Pasti

Oleh   /   Sabtu 1 November 2014  /   Tidak ada komentar

Sebagaimana disyaratkan oleh PSAK 7: Pengungkapan Pihak- pihak Berelasi, entitas mengungkapkan informasi tentang iurankepada program iuran pasti untuk personil manajemen kunci.

KeuanganLSM

Imbalan Pascakerja Program Iuran Pasti

50. Akuntansi program iuran pasti adalah cukup jelas karena kewajiban entitas pelapor untuk setiap periode ditentukan oleh jumlah yang dibayarkan pada periode tersebut. Oleh karena itu, tidak diperlukan asumsi aktuaria untuk mengukur kewajiban atau beban dan tidak ada kemungkinan keuntungan atau kerugian aktuaria.

Bahkan, kewajiban tersebut diukur dengan dasar tidak terdiskonto, kecuali jika kewajiban tersebut tidak diekspektasikan untuk diselesaikan seluruhnya dalam dua belas bulan setelah akhir periode pelaporan saat pekerja memberikan jasanya.

 

Pengakuan dan Pengukuran

51. Jika pekerja telah memberikan jasa kepada entitas selama suatu periode, maka entitas mengakui iuran terutang kepada program iuran pasti atas jasa pekerja:

  • sebagai liabilitas (beban terakru), setelah dikurangi dengan iuran yang telah dibayar. Jika iuran tersebut melebihi iuran terutang untuk jasa sebelum akhir periode pelaporan, maka entitas mengakui kelebihan tersebut sebagai aset (beban dibayar dimuka) sepanjang kelebihan tersebut akan mengurangi pembayaran iuran masa depan atau dikembalikan;
  • sebagai beban, kecuali jika SAK lain mensyaratkan atau mengizinkan iuran tersebut termasuk dalam biaya perolehan aset (misalnya, lihat PSAK 14: Persediaan dan PSAK 16: AsetTetap).

52. Jika iuran dalam program iuran pasti tidak diharapkan akan diselesaikan seluruhnya sebelum dua belas bulan setelah akhir periode pelaporan tahunan saat pekerja memberikan jasanya, maka iuran tersebut didiskonto dengan menggunakan tingkat diskonto yang diatur di paragraf 83.

 

Pengungkapkan

53. Entitas mengungkapkan jumlah yang diakui sebagai beban untuk program iuran pasti.

54. Sebagaimana disyaratkan oleh PSAK 7: Pengungkapan Pihak- pihak Berelasi, entitas mengungkapkan informasi tentang iurankepada program iuran pasti untuk personil manajemen kunci.

Disarikan dari: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 24) Tentang Imbalan Kerja, Diterbitkan oleh: Dewan Standar Akuntansi Keuangan (Ikatan Akuntan Indonesia), Hal: 24.17-24.18.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Arti Hukum bagi Perkembangan Ekonomi

Selengkapnya →