Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

IMF dan Stabilitas Keuangan Internasional

Oleh   /   Selasa 30 Agustus 2011  /   Tidak ada komentar

Setelah membuktikan bahwa IMF sebagai salah satu dari lembaga Bretton Woods memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi perekonomian dunia. Sebagai lembaga keuangan multilateral.

keuangan LSM

IMF dan Stabilitas Keuangan Internasional

Editor : Sjamsul Arifin, Wibisono, Charles P.R. Joseph, Shinta Sudradjat
Sambutan : Burhanuddin Abdullah, Gubernur Bank Indonesia
Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2004

Setelah membuktikan bahwa IMF sebagai  salah satu dari lembaga Bretton Woods memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi perekonomian dunia. Sebagai lembaga keuangan multilateral, IMF memegang posisi strategis dalam sistem keuangan internasional, yang memiliki tugas utama menjaga stabilitas keuangan internasional.

Dari awal pendiriannya di tahun 1945, peran dan fungsi IMF berkembang seiring dengan trend dan evolusi perkembangan ekonomi dunia. Seiring dengan tetap kokohnya eksistensi IMF di tengah perubahan mendasar dalam sistem keuangan internasional IMF melakukan beberapa penyesuaian seperti memperluas pinjaman yang diberikan dari pinjaman jangka pendek untuk mengatasi masalah neraca pembayaran menjadi lebih berjangka menengah.

Didahului dengan uraian mengenai landasan teori yang relevan, buku ini mencoba memberikan pemaparan kritis mengenai pelaksanaan peran IMF serta isu-isu terkait yang mengemuka, seperti dalam hal surveillance, pemberian fasilitas pinjaman, conditionality, liberalisasi arus modal, serta resep yang sama untuk kasus yang berbeda (one-size-fits-all recipe). Lebih jauh diuraikan berbagai pengalaman IMF dalam menangani berbagai krisis berskala besar, seperti krisis Amerika Latin dan Asia, termasuk Indonesia sendiri.

Buku ini juga mencoba membahas sejauh mana diperlukannya reformasi di tubuh IMF serta posisi Indonesia dalam hubungannya dengan IMF. Buku ini diharapkan dapat memberikan pandangan yang cukup komprehensif mengenai kiprah IMF dalam perekonomian internasional dilihat dari berbagai sudut pandang yang berimbang, sehingga dapat memberikan masukan berharga bagi kalangan akademisi, praktisi, birokrasi maupun masyarakat pada umumnya.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →