Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Indonesia Corruption Perception Index 2004

Oleh   /   Selasa 31 Januari 2012  /   Tidak ada komentar

Persepsi memang bukanlan realitas. Tetapi betapa sukarnya membantah realitas jika persepsi korupsi ini dilahirkan dari kesimpulan survey dari pebisnis-pebisnis yang berinteraksi dengan korupsi setiap hari.

keuangan LSM

Indonesia Corruption Perception Index 2004

Penulis: Transparency International Indonesia dengan bantuan hibah dari Denmark Embassy dan Uni Eropa

Persepsi memang bukanlan realitas. Tetapi betapa sukarnya membantah realitas jika persepsi korupsi ini dilahirkan dari kesimpulan survey dari pebisnis-pebisnis yang berinteraksi dengan korupsi setiap hari. Setidaknya jika kita membaca laporan BPK setiap tahun maka kita akan melihat dahsyatnya kebocoran yang terjadi di semua lembaga pemerintahan.

Lolosnya koruptor dari jerat hukum menunjukkan betapa beralasan untuk bercuriga bahwa korupsi memainkan andil. Rendahnya pemasukan pajak menunjukkan betapa kongkalikong berperan. Banjirnya Jakarta menunjukkan bahwa fasilitas publik tak memadai. Kemana uang rakyat selama ini?

Adalah menarik melihat jawaban-jawaban para pelaku bisnis dalam survey yang dilakukan oleh TI Indonesia. Memang pada akhirnya ada semacam sikap skeptis walaupun optimisme juga terdengar tetapi menarik untuk mengutip sebuah jawaban yang mengatakan bahwa “The system is such that you can’t avoid corruption”.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →