Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Insentif Pajak bagi Sektor Nirlaba

Oleh   /   Rabu 7 September 2011  /   Tidak ada komentar

Sejak krisis moneter melanda Indonesia yang kemudian memicu multi-dimensi dan kejatuhan rezim Orde Baru tahun 1998, masalah-masalah sosial-ekonomi dan lingkungan menjadi semakin menonjol dan kompleks.

keuangan LSM

Insentif Pajak bagi Sektor Nirlaba

Penulis: Tim Penyusun Kertas Kerja Insentif Pajak bagi Sektor Nirlaba
Penerbit: Yayasan KEHATI, 2006

Sejak krisis moneter melanda Indonesia yang kemudian memicu multi-dimensi dan kejatuhan rezim Orde Baru tahun 1998, masalah-masalah sosial-ekonomi dan lingkungan menjadi semakin menonjol dan kompleks, di mana sebagian besar masalah tersebut tidak tertangani lagi oleh sistem birokrasi pemerintah maupun sumberdaya dan anggaran negara yang makin terbatas.

Sementara sektor swasta nasional juga belum bisa diharapkan untuk berperan banyak karena belum pulih benar dari keterpurukan pasca krisis ekonomi-moneter.

Maka, upaya demokratisasi dan era reformasi yang kemudian berlangsung di segala bidang: pembangunan, kebijakan negara dan kehidupan masyarakat, telah membuka peluang bukan saja kepada peran partai-partai politik dan lembaga legislatif, tapi juga bagi peningkatan jumlah dan peran Organisasi Non-Pemerintah (Ornop) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Kendati demikian, sebagian besar kegiatan Ornop/LSM tersebut juga masih harus banyak ditopang oleh sumber-sumber dana dari luar negeri, sehingga kelompok masyarakat dari “sektor nirlaba” itupun sebenarnya belum cukup mandiri dalam menjalankan peran sosial-kemasyarakatan untuk jangka panjang.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →