Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Kaum Perempuan dan Filantropi

Oleh   /   Rabu 14 September 2011  /   Tidak ada komentar

Secara tradisional, aktivitas filantropi perempuan dan status sosial terkait pada budaya patriarkal. Kaum perempuan masih sangat tergantung pada harta kekayaan suami. Beberapa perempuan yang mengalami “metamorfosis”.

keuangan LSM

Kaum Perempuan dan Filantropi

Jurnal galang: Vol. 2, No. 2, April 2007
Penerbit: PIRAMEDIA, 2007

Secara tradisional, aktivitas filantropi perempuan dan status sosial terkait pada budaya patriarkal. Kaum perempuan masih sangat tergantung pada harta kekayaan suami. Beberapa perempuan yang mengalami “metamorfosis”, mereka yang berasal dari kelas berpunya lebih banyak mendonasikan bantuan sosialnya bagi lembaga-lembaga karitas umum.

Peran perempuan dari, oleh, dan untuk perempuan perlu diperluas sosialisasinya. Sehingga berbagai persoalan yang dihadapi perempuan dapat mendapatkan dukungan dari kaum perempuan, khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Edisi ini akan membahas bagaimana pandangan stereotip lama tentang perempuan dan bagaimana mereka menghadapi berbagai tantangan baru saat ini. Kemudian bagaimana menghadapi beragam kontradiksi di masyarakat berkenaan dengan gerakan feminis filantropi. Selain itu kami juga mengetengahkan studi kasus “Pundi Perempuan” yang layak dijadikan best practice dalam upaya peran perempuan untuk membantu korban kekerasan perempuan.

Dalam terbitan ini kami juga memaparkan bagaimana pandangan tentang perempuan dalam filantropi Islam. Tak ketinggalan kami juga menyajikan beberapa observasi berkenaan dengan transparasi dan akuntabilitas dalam filantropi Islam. Dalam rubrik opini, Galang mengungkapkan gagasan seorang sosiolog dalam menanggapi kecenderungan gerakan perempuan saat ini dengan kebutuhan mendasar kaum perempuan. Pada akhir kajian Galang menyarankan bahan bacaan yang dapat memberikan gambaran tentang bagaimana peran perempuan dalam filantropi dan masyarakat sipil, berdasarkan studi kasus di berbagai negara.

Jurnal Galang diterbitkan oleh PIRAC dengan dukungan Ford Foundation, merupakan media komunikasi dan curah pendapat seputar masalah kedermawanan sosial (filantropi), mobilisasi sumber daya (resource mobilization), serta perkembangan masyarakat madani dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sosial. Jurnal tiga bulanan ini akan memaparkan tulisan hasil penelitian, studi kasus, telaah ilmiah, review buku, dan wawancara baik dari narasumber/penulis dalam dan luar negeri.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →