Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Kerelawanan Perempuan di Daerah Bencana

Oleh   /   Kamis 24 November 2011  /   Tidak ada komentar

Seakan menantang pandangan yang menganggap perempuan sebagai pihak yang lemah dan pasif, perempuan justru menunjukkan karakter khasnya yang spontan dan sigap dalam situasi bencana.

keuangan LSM

Kerelawanan Perempuan di Daerah Bencana

Penulis: Dati Fatimah, Retno Agustin
Penerbit: PIRAMEDIA, 2008

Seakan menantang pandangan yang menganggap perempuan sebagai pihak yang lemah dan pasif, perempuan justru menunjukkan karakter khasnya yang spontan dan sigap dalam situasi bencana. Inisiatif ini nampak antara lain dalam fenomena berdirinya dapur umum dalam hitungan waktu yang pendek setelah terjadi bencana.

Begitu juga dengan kondisi pasca gempa yang melanda Jogja dan Jateng, 27 Mei 2006. Bersama dengan kelompok masyarakat lainnya, peran perempuan ini sangatlah penting dalam penyelamatan kehidupan masyarakat dalam situasi krisis.

Buku yang Anda baca ini adalah laporan penelitian tentang bagaimana kerelawanan perempuan dalam situasi bencana tumbuh, terkelola dan direspon oleh pihak yang terkait. Sebagai sebuah studi kasus yang mengambil setting di kabupaten Bantul saat bencana Gempa Bumi pada tahun 2006, buku ini ingin menjawab pertanyaan kunci tentang apa sajakah model-model kerelawanan perempuan yang muncul, dan bagaimana ini terhubung dengan kerelawanan dan pihak yang lebih luas. Posisi perempuan, sebagai korban ataukah pahlawan dalam situasi bencana, ditentukan ketika keterampilan, pengetahuan, kapasitas dan jaringan perempuan diperhitungkan.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →