Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Kewajiban Memperoleh NPWP

Oleh   /   Jumat 6 November 2015  /   Tidak ada komentar

Bagaimana bila ternyata wajib pajak yang nyata-nyata sudah memenuhi syarat sebagai wajib pajak namun tidak mau secara suka rela meminta NPWP? Untuk itu tersedia mekanisme pemberian NPWP secara jabatan.

Kewajiban Memperoleh NPWP

Kewajiban Memperoleh NPWP

NPO dapat memperoleh NPWP dengan mudah. Cukup dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak dimana domisili wajib pajak berada. Selanjutnya mengisi formulir yang disediakan dan memberikan dokumen identitas lembaga seperti surat domisili lalu menunjuk salah seorang dari struktur organisasi sebagai penanggung jawab. Penyerahan formulir akan mendapat Bukti Penerimaan Surat (BPS) yang telah ditandatangani oleh petugas pendaftaran. Jangka waktu penyelesaian permohonan NPWP paling lama 1 (satu) hari kerja terhitung sejak permohonan diterima secara lengkap.

Bila terjadi perubahan pada susunan pengurus, pindah alamat, perubahan nama lembaga, dan lainnya yang berdampak pada data-data awal permohonan NPWP, maka perubahan-perubahan tadi wajib dilaporkan ke kantor pajak.

Bagaimana bila ternyata wajib pajak yang nyata-nyata sudah memenuhi syarat sebagai wajib pajak namun tidak mau secara suka rela meminta NPWP? Untuk itu tersedia mekanisme pemberian NPWP secara jabatan. Artinya aparat pajak akan memberikan NPWP baginya secara ‘paksa’. Dengan demikian kewajiban perpajakan akan dimulai segera sesudah NPWP diberikan padanya.

Di samping sarana paksa tadi, tersedia pula sanksi pidana berupa penjara paling lama enam tahun dan denda setinggi-tingginya enam kali pajak yang terhutang atau tidak dibayar bagi siapa saja yang secara sengaja tidak mendaftarakan diri, menyalahgunakan atau menggunakan tanpa hak Nomor Pokok Wajib Pajak atau Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 KUP yaitu mengenai NPWP dan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.

Bila lembaga bubar atau tidak aktif dan dirasa perlu untuk mencabut NPWP yang sudah diberikan, maka kantor pajak akan melakukan pemeriksaan atau verifikasi terlebih dahulu. Keduanya berupa pengujian atau pemastian kewajiban perpajakan sudah selesai sehingga dapat dilakukan pencabutan NPWP.

Disarikan dari buku: Petunjuk Kewajiban Pajak Lembaga Nirlaba (Kewajiban memperoleh NPWP), Penulis: Pahala Nainggolan, Hal: 3-6.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Konstitusi dan Haluan Negara

Selengkapnya →