Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Komunitas  >  Artikel saat ini

[komunitas] Kopi Darat : Penggalangan Dana Publik, 22 Desember 2011

Oleh   /   Kamis 22 Desember 2011  /   1 Komentar

keuangan LSM

[komunitas] Kopi Darat : Penggalangan Dana Publik, 22 Desember 2011

Setelah sekian lama Komunitas Keuangan LSM tidak mengadakan pertemuan offline, berupa Kopi Darat, akhirnya pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2011, teman-teman komunitas dapat bertemu kembali dan melepas kerinduan masing-masing  sembari berdiskusi santai soal “Penggalangan Dana Publik”. Pertemuan berlangsung di Rumah Kemuning, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Hadir sebagai pembicara adalah Mas Budi Santosa-mantan manajer fundraising publitk Greenpeace Indonesia, kemudian ada juga Mba Rini Nasution-Direktur Yayasan Satu Dunia, dan terakhir Mas Yudi Priyanto-mantan pengelola volunteer Walhi Nasional.

Mas Budi dalam uraiannya mengatakan, “  Di Indonesia, upaya fundraising masih dianggap meminta sumbangan, masih dianggap mengemis, sehingga sedikit sekali orang-orang yang ingin terjun di bidang ini. Bahkan para pegiat LSM yang notabene seharusnya mengandalkan pendanaan dari penggalangan dana publik masih banyak yang masih malu-malu untuk melakukannya. Saat ini kebanyakan teman-teman LSM masih menggantungkan pendanaan dari donor dan grantmaker asing yang pasti memiliki kepentingan sendiri. Sehingga dana yang diturunkan akan sarat dengan berbagai persyaratan agar tujuan dari si pemberi dana dapat terealisasi. Pada akhirnya independensi dari organisasi pun banyak dipertanyakan”.

Sehingga, “bukan hal mudah memang. Memulai sesuatu yang baru dengan paradigma negatif akan membuatnya menjadi lebih sulit. Sehingga dibutuhkan pemahaman yang lebih baik terlebih dahulu mengenai fundraising ini sebelum memulainya dan menentukan strategi apa dan metode teknis bagaimana penggalangan dana ini akan dimulai”.

Dijelaskan juga tentang  tahapan-tahapan dalam memulai penggalangan dana publik. Di antaranya, lembaga bersangkutan harus menyusun peta besar anggaran penggalangan dana publik, setelahnya harus disusun mekanisme remunirasi, kemudian harus jelas target dari penggalangan dana publik ini, lalu harus ada kesinambungan rekrutmen tenaga penggalangan dana publiknya, perlu  juga bekerjasama dengan bank, terakhir penyediaan dan kesiapan marketing tools yang jelas.

Mba Rini, dalam kesempatan berikutnya menjelaskan, “Fundraising is Friendraising”. Kenapa? karena  penggalangan dana publik merupakan seni merangkul orang lain agar bersedia memberi sesuai tujuan lembaga kita. Di dalamnya juga ada proses management. Bagaimana merawat orang yang telah membantu kita.

Selanjutnya Mba Rini juga menguraikan bagaimana membangun penggalangan dana publik yang berkelanjutan. Antara lain, perlu disiapkan infrastrukturnya dulu seperti, database potensial, staff penuh waktu, relawan, SOP, strategi dan program yang jelas. Selain itu perlu juga survey publik. Gunanya untuk mengukur persepsi publik tentang lembaga kita, dan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pencitraan lembaga.

Dijelaskan juga tentang strategi dan teknik penggalangan dana publik. Yakni, telepon,  korespondensi by email atau surat, presentasi, canvassing, face to face, membership, buat spesial event, dan lain-lain. Cara yang lain adalah lewat media website, brosur, buletin, iklan, dan spanduk.

Teman-teman yang hadir di kopi darat kali ini adalah:

Dinnie Indirawati, Paloma Haryadi, Syamsul, Sri Anggraeni , Supriyani, Abdul Wahid, Nelwansyah, Mikael Prastowo, Eko Komara , Danum Dzikron, Misan, Heksa Sari, Wildasari Hoste, Voni Novita, Naily Mardiana, Inawati, Nurul Ariska, Ratna Dwi Puspitasari, Hendra Yusuf, NM Ruliadi, Ikhwanul Huda.

Next agenda

Komunitas akan kembali bertemu dengan tawaran tema “Pengelolaan Dana Abadi”. Informasi waktu pelaksanaan Kopi Darat akan diumumkan kemudian.

    Cetak       Email

1 Comment

  1. PIRAC berkata:

    Salam Crazy fundraiser!
    Kawan-kawan yang tertarik mendalami kerja-kerja fundraising dalam meningkatkan kapasitas dan keberlanjutan lembaga, jangan tunda untuk berpartisipasi dalam pelatihan-pelatihan kami yang kami adakan secara reguler.
    Dalam waktu dekat kami akan mengadakan kegiatan “Fundraising Basic Training” , 30-31 Januari-1 Pebruari 2012 di The Village Bumi Kadamaian Ciawi-Bogor.
    Dapatkan diskon khusus sebesar 15% untuk komunitas Keuangan LSM! Investasi full rate: Rp. 2.750.000,-
    Tunggu apa lagi, daftarkan segera, hubungi Sekolah Fundraising di (021)7756071 atau Yusuf (08561000791/082157700888) dan Nor Hiqmah (08159508292).

    Salam Crazy!!! 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Undangan Peserta Indonesia Social Investment Forum (ISIF) 2016

Selengkapnya →