Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Koperasi Produksi Desa, Part 6

Oleh   /   Jumat 22 April 2016  /   Tidak ada komentar

Produksi yang berbasis sumber daya alam lokal wajib dikerjakan oleh semua dan untuk semua di bawah kepemilikan anggota-anggota masyarakat.

bakal keuLSM

Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa

Konsep perekonomian Indonesia tidak dapat hanya ditopang oleh peran aktif pemerintah, begitu juga pada tingkatan pengembangan ekonomi Desa. Untuk menjamin terselenggaranya demokrasi ekonomi, kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang-seorang dan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

Pengembangan ekonomi Desa tidak dapat hanya dilandaskan pada penempatan modal/kapital semata. Produksi yang berbasis sumber daya alam lokal wajib dikerjakan oleh semua dan untuk semua di bawah kepemilikan anggota-anggota masyarakat.

BUM Desa hadir mewakili kepentingan Pemerintah Desa sebagai upaya peningkatan layanan umum bagi masyarakat, pemanfaatan aset desa, pemberian dukungan bagi usaha produksi masyarakat. Kelembagaan BUM Desa tidak didirikan untuk melakukan aktivitas ekonomi produktif utama dalam pemanfaatan sumber daya alam lokal. Batasan peran tersebut tampak dari arahan klasifikasi jenis usaha BUM Desa sebagai berikut:

17-Mar-16 1-45-38 PM

Tabel di atas kembali menunjukkan bahwa BUM Desa, selain ditujukan bagi peningkatan layanan umum dan optimalisasi aset Desa, akan berperan untuk mendukung, memfasilitasi dan mengkoordinasikan upaya-upaya ekonomi produktif masyarakat Desa. BUM Desa dapat menjadi induk kegiatan ekowisata desa, atau mendirikan pabrik es yang sangat dibutuhkan oleh para nelayan tangkap, atau penyediaan sarana produksi dan pabrik pengolahan hasil pertanian setempat. BUM Desa juga berperan penting dalam penyediaan pinjaman modal usaha skala kecil bagi usaha produktif masyarakat Desa.

Silahkan unduh file Pdf Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Arti Hukum bagi Perkembangan Ekonomi

Selengkapnya →