Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Berita Komunitas  >  Artikel saat ini

[komunitas] Kopi Darat : Web Komunitas, Apr 2010

Oleh   /   Jumat 23 April 2010  /   1 Komentar

keuangan LSM

[komunitas] Kopi Darat : Web Komunitas, Apr 2010

Diskusi reguler pengelola keuangan LSM kembali dilaksanakan pada Jum’at 23 April 2010 lalu. Kegiatan yang dikenal dengan Kopi Darat komunitas keuangan ini mengambil 2 tema sekaligus; Pengelolaan web berbasis komunitas oleh Sugeng Wibowo dan Membedah PSAK 45 sebagai standar pelaporan keuangan Organisasi Nirlaba oleh Eko Komara. Diskusi berlangsung interaktif dan santai selama 4 jam lebih di Sekretariat Penabulu.

Peserta diskusi kali ini berasal dari berbagai organisasi dan latar belakang. Diantaranya: Aci (IPPI), Cia (IPPI), Rini (CORE), Dita (Lazuardi Birru), Aisyiyah (SETARA), Agustina (PBHI), Iin (Commom Room), Ai (PEKA Indonesia), Farhan, Lina (Samdhana), Eva (Peace), Risma Rosmalawati (JKPP), Noor Aisya Nitarlina (IPP), Mumu Mulyadi (Walhi Eknas), Sri Redjeki (Kelola), Barbra (Tirta Lestari), Lita (Karina KWI), Dita (Karina KWI), Vonny Novita (Jatam), Naily Mardiana (KPI), Liessya Emizora (KPI), Tuti Pujiarti (Arus Pelangi), Mario Ginting (Walhi Eknas), Sugeng (Synthesis), Yudhistira (Penabulu), Ikhwanul Huda (Terango), Agung (Terango) dan Eko Komara (Penabulu).

Kopi Darat dimulai dengan perkenalan peserta dengan menyampaikan pengalaman pengelolaan keuangan di organisasi masing-masing. Juga tanya jawab antar peserta atas kesulitan dan masalah yang dihadapi semisal: audit, laporan keuangan, dan PSAK 45. Diskusi “Pengelolaan web berbasis komunitas” mengawali diskusi tematik Kopi Darat dan dilanjutkan dengan materi “PSAK 45”.

Pada materi pertama mengenai pengelolaan web oleh Sugeng Wibowo, peserta dipersilahkan untuk melakukan simulasi posting konten di web melalui akun Kontributor web yang sudah disediakan oleh Narasumber. Diskusi dan simulasi yang berlangsung selama 90 menit berjalan lancar meski beberapa peserta tidak membawa laptop. Materi kedua tentang PSAK 45, diawali dengan pengantar dari Mas Eko Komara. Walaupun materi diskusi seputar PSAK 45, pertanyaan peserta tetap beragam dari mulai audit, memilih auditor, sampai pengelolaan keuangan Yayasan Yatim Piatu dengan endowment fund.

Setelah diskusi, Kopi Darat dilanjutkan dengan Arisan komunitas yang diikuti oleh 26 orang. Serta pembahasan mengenai pelaksanaan Kopi Darat mendatang. []

    Cetak       Email

About the author

Yudhis adalah salah satu pengelola keuangan LSM, aktif di Yayasan Penabulu sebagai program officer.

1 Comment

  1. yudhis berkata:

    Diskusi yang menarik. Sangat direkomendasikan untuk diikuti bagi Pengelola Keuangan Organisasi Nirlaba. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Undangan Peserta Indonesia Social Investment Forum (ISIF) 2016

Selengkapnya →