Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Kriteria Dokumen SOP

Oleh   /   Rabu 3 September 2014  /   Tidak ada komentar

Sebagai suatu manual, dokumen SOP perlu memiliki beberapa kriteria yang pada dasarnya dimaksudkan agar dokumen SOP yang dihasilkan, benar-benar unggul, dapat diandalkan, serta sejauh mungkin bermanfaat bagi organisasi ataupun perusahaan yang mengaplikasikannya.

KeuanganLSM

Kriteria Dokumen SOP

Sebagai suatu manual, dokumen SOP perlu memiliki beberapa kriteria yang pada dasarnya dimaksudkan agar dokumen SOP yang dihasilkan, benar-benar unggul, dapat diandalkan, serta sejauh mungkin bermanfaat bagi organisasi ataupun perusahaan yang mengaplikasikannya. Beberapa kriteria yang dimaksud adalah:

  • Penyusunan kalimat dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti.
  • Mudah diaplikasikan.
  • Mudah dikontrol.
  • Mudah diaudit.
  • Mudah diubah, disesuaikan perkembangan.

Dengan beberapa kriteria di atas, hasil dokumen SOP yang disusun diyakini akan bisa menghasilkan prosedur standar yang dapat diandalkan, terutama bagi para pelaksana kerja di lapangan. Bagi atasan dari para pelaksana pun dapat dimanfaatkan sebagai alat kontrol yang juga dapat diandalkan.

Hal ini mengingat semua pekerjaan yang dilaksanakan sudah diatur dengan prosedur standar baku yang sudah ditetapkan sehingga jauh lebih mudah dalam melakukan kontrol. Kondisi semacam ini tentu akan sangat bermanfaat bagi para pimpinan ataupun para pemilik perusahaan, terutama sebagai dasar guna penyusunan rencana kerja untuk periode berikutnya. Lebih jauh lagi dapat pula digunakan sebagai upaya antisipasi terhadap perubahan-perubahan yang sering terjadi karena adanya dinamika bisnis yang memang lazim terjadi dalam dunia usaha.

Disarikan dari buku: Panduan Praktis Menyusun SOP, Penulis: Ir. M. Budiharjo, Hal: 10-11.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

amnesti-pajak-sarana-menuju-kemandirian-bangsa

Amnesti Pajak: Sarana Menuju Kemandirian Bangsa

Selengkapnya →