Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Laporan Arus Kas

Oleh   /   Selasa 10 Juni 2014  /   Tidak ada komentar

Jadi, laporan arus kas erat hubungannya dengan pemasukan yang berarti penghasilan dan pengeluaran yang berarti beban.

KeuanganLSM

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah bagian dari laporan keuangan yang mencatat informasi tentang aliran kas masuk dan kas keluar suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Jadi, laporan arus kas erat hubungannya dengan pemasukan yang berarti penghasilan dan pengeluaran yang berarti beban. Unsur-unsur laporan arus kas biasanya terdiri dari aktivitas operasi, ektivitas investasi, dan aktivitas pembiayaan.

  1. Aktivitas operasi adalah berbagai aktifitas perusahaan mengenai aliran kas (masuk maupun keluar) yang berhubungan dengan aktivitas operasional perusahaan dalam satu periode tertentu. Misalnya, transaksi penjualan, laba dari transaksi penjualan, tagihan piutang dagang, bunga pendapatan, pembayaran gaji karyawan, pembayaran thihan baku dari supplier, pembayaran bunga kredit, pembayaran perbaikan peralatan yang rusak, dan sebagainya.
  2. Aktivitas investasi adalah berbagai aktivitas perusahaan mengenai aliran kas (masuk maupun keluar) yang berhubungan dengan aktivitas investasi perusahaan pada berbagai jenis investasi. Misalnya, penjualan aktiva perusahaan, penjualan instrumen sekuritas pada perusahaan Iain, penerimaan pembayaran dari pihak-pihak yang menyewa aktiva tetap, pembelian aktiva tetap baik yang berwujud maupun tak berwujud, pemberian pinjaman kepada perusahaan lain, pencairan laba atas saham, dan sebagainya.
  3. Aktivitas pembiayaan adalah berbagai aktivitas perusahaan mengenai aliran kas (masuk maupun keluar) yang berhubungan dengan pembiayaan untuk keperluan operasional perusahaan. Misalnya, penerbitan surat utang, penjualan/pelelangan saham perusahaan, pembayaran surat-surat utang setelah jatuh tempo, pengeluaran lain-lain yang berhubungan dengan operasional perusahaan, pembayaran dividen kepada pemegang saham, dan sebagainya.

Disarikan dari buku: Cara Praktis Menyusun Laporan Keuangan, Penulis: Akifa P. Nayla, S.E., Akt., Hal: 43-44.

 

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Pelaporan Keuangan Harus Mampu Menyediakan Informasi

Selengkapnya →