Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Akuntansi  >  Artikel saat ini

Laporan Pengelolaan Keuangan ke Lembaga Donor

Oleh   /   Selasa 20 November 2012  /   Tidak ada komentar

Akuntabilitas keuangan dibutuhkan untuk memberitahukan kepada pendonor bahwa dana mereka telah digunakan untuk mencapai tujuan yang diingini. Referensinya adalah permohonan pendanaan awal dan syarat yang biasanya menyertai.

keuanganLSM

Laporan Pengelolaan Keuangan ke Lembaga Donor

Perlu diingat bahwa badan pendonor juga memiliki tanggung jawab terhadap para ‘stakeholders’ dan mereka tergantung pada anda untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Akuntabilitas

Akuntabilitas keuangan dibutuhkan untuk memberitahukan kepada pendonor bahwa dana mereka telah digunakan untuk mencapai tujuan yang diingini. Referensinya adalah permohonan pendanaan awal dan syarat yang biasanya menyertai persetujuan pencairan dana dan kontrak yang ditandatangani kedua belah pihak.

Waktu dan Persyaratan Dana Bantuan

Sangat penting untuk selalu memeriksa apa yang sudah anda setujui dalam perjanjian pendanaan dengan masing-masing pendonor. Syarat-syarat dari pendonor sangat bervariasi tetapi biasanya adalah:

  • Laporan kemajuan – frekuensi, format, dan bentuk laporan, biasanya 3 bulanan supaya bisa disesuaikan dengan penerimaan cicilan dana bantuan.
  • Bidang dan tujuan dana – apa yang boleh atau tidak boleh dalam menggunakan dana; apakah dana dapat disimpan dari satu periode ke periode selanjutnya.
  • Biaya rutin administrative – item-item spesifik yang diperbolehkan atau tidak termasuk, atau persentase batasan berdasar jumlah total bantuan.
  • Item baris anggaran belanja – nama klasifikasi spesifik pada anggaran belanja yang selaras dengan permohonan dana mula-mula.
  • Kebijakan transfer/pengalihan dana (‘virement’) –  dengan kata lain ijin untuk memindahkan surplus dana dalam anggaran belanja dari klasifikasi yang satu untuk digunakan ke klasifikasi yang lain, dan apa batasannya.
  • Metode Akuntansi – Akrual atau Kas
  • Rekening dan bunga bank – rekening bank yang terpisah dibutuhkan bagi beberapa pendonor yang tidak mengijinkan anda untuk menyimpan bunga yang didapat.
  • Kebijakan depresiasi –  bagaimana untuk mengelola pembelian aset tidak bergerak dengan dana yang didapat.
  • Audit eksternal – beberapa pendonor membutuhkan audit eksternal yang terpisah.

Sangat penting untuk mematuhi persyaratan dan tepat waktu dalam pelaporan untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan diri, dan memastikan dana didapat tepat waktu. Apabila tidak maka organisasi akan berkutat dalam kerutinan yang membosankan setiap memerlukan sebuah laporan.

Laporan untuk Pendonor

Pendonor ingin agar LSM dapat menjelaskan kemampuan pengelolaan keuangannya sebelum pemberian dana dilakukan. Hal ini menyebabkan mengapa laporan untuk pendonor penting. Biasanya laporan berisi perbandingan anggaran belanja dengan keadaan yang sebenarnya, dan juga laporan naratif dari pelaksanaan kegiatan.

Apabila jumlah pendonor lebih dari satu maka penting untuk membuat sistem pelaporan supaya informasi yang dibutuhkan oleh pendonor dapat mudah diterima.

Apabila tidak maka organisasi akan berkutat dalam kerutinan yang membosankan setiap memerlukan sebuah laporan.

Yang perlu dilakukan pada saat membuat laporan untuk pendonor:

  • Dibuat tepat waktu (dapat meminta tambahan waktu).
  • Data-data yang ditulis akurat dan sesuai dengan kenyataan.
  • Tidak menyembunyikan kekurangan atau kelebihan pembelanjaan yang terjadi.
  • Selalu melapor kepada pendonor tentang masalah-masalah yang mungkin terjadi.

Akhirnya perlu diingat bahwa staf dalam agensi pendonor mempunyai banyak pengalaman dalam bekerja bersama LSM; mereka hampir pasti menanggapi dengan baik apabila dimintai nasehat.

Artikel di atas merupakan penggalan Mango Handbook Manajemen Keuangan LSM terjemahan dari buku Mango Course Handbook, Practical Financial Management for NGOs.

Selengkapnya kedua file tersebut dapat diunduh pada halaman Download, kategori Manajemen Keuangan, bisa klik di sini atau pada website resmi Mango.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM agar Manfaatkan Teknologi

Selengkapnya →