Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Umum  >  Artikel saat ini

Investasi: Laporan Tahunan Reksa Dana

Oleh   /   Jumat 27 Januari 2012  /   Tidak ada komentar

Laporan tahunan dilengkapi dengan tabel dan grafik untuk membandingkan pertumbuhan reksa dana selama periode tertentu dan menjelaskan komposisi/persentase instrumen efek yang dimiliki. Laporan ini juga memaparkan nilai aktiva bersih (NAB) serta laba bersih yang diperoleh.

keuangan LSM

Laporan tahunan hanya dimiliki oleh reksa dana yang telah berjalan setidaknya selama satu tahun ke belakang. Reksa dana yang baru diterbitkan tidak mempunyai laporan keuangan dan hanya memiliki prospektus reksa dana saja

Tiap periode (tahun) perusahaan pengelola reksa dana diwajibkan untuk mengeluarkan laporan keuangan akhir tahun yang diaudit oleh auditor independen. Biasanya disertakan juga surat pemegang saham (shareholder letter) yang ditulis oleh presiden direktur atau manajer investasi yang berisikan tinjauan tujuan investasi dan kinerja selama periode tersebut. Manajer investasi biasanya juga akan membandingkan (benchmarking) kinerja reksa dana dengan parameter industri seperti indeks harga saham gabungan (IHSG) atau indikator lainnya untuk menunjukkan kinerja reksa dana tersebut.

Laporan tahunan dilengkapi dengan tabel dan grafik untuk membandingkan pertumbuhan reksa dana selama periode tertentu dan menjelaskan komposisi/persentase instrumen efek yang dimiliki. Laporan ini juga memaparkan nilai aktiva bersih (NAB) serta laba bersih yang diperoleh.

Laporan tahunan juga memuat posisi aktiva dan pasiva di penutupan pasar saham dan obligasi pada tanggal pelaporan.

Aktiva adalah seberapa banyak investasi yang dilakukan di pasar, jaminan yang dipegang untuk dipinjamkan, serta piutang yang dimiliki oleh reksa dana. Sedangkan pasiva adalah jumlah utang yang digunakan untuk membeli efek.

Komposisi portofolio dan perputaran portofolio (portofolio turnover) yang dibeli dan dijual selama periode tersebutjuga dicantumkan dalam laporan tahunan. Biasanya, makintinggi tingkat turnover akan menambah biaya transaksidan memotong potensi keuntungan dari dana yang diinvestasikan.Kebanyakan reksa dana agresif yang mengejarpertumbuhan umumnya memiliki tingkat turnover sangattinggi.

Catatan kaki (footnotes), yang mencakup hal-hal lain seperti kebijakan akuntansi, pihak-pihak berkepentingan, serta transaksi afiliasi (arms-length transaction) biasanya juga dicantumkan dalam laporan keuangan tersebut. Selain prospektus, laporan keuangan adalah bahan informasi penting yang mutlak dimiliki dan dimengerti investor guna pengambilan keputusan investasi.

Tentu saja, laporan tahunan hanya dimiliki oleh reksa dana yang telah berjalan setidaknya selama satu tahun ke belakang. Reksa dana yang baru diterbitkan tidak mempunyai laporan keuangan dan hanya memiliki prospektus reksa dana saja.

    Cetak       Email
  • Publish: 8 tahun ago on Jumat 27 Januari 2012
  • By:
  • Last Modified: Juni 8, 2015 @ 5:41 pm
  • Filed Under: Umum
  • Tagged With:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →