Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Events  >  Artikel saat ini

[Learn!] JAKARTA, 2-3 Agustus 2017: Lokalatih Mengelola Pengetahuan Organisasi Nirlaba

Oleh   /   Rabu 10 Februari 2016  /   Tidak ada komentar

Pengetahuan merupakan sumberdaya strategis bagi organisasi nirlaba. Namun masih banyak organisasi nirlaba yang belum memiliki kesadaran dan kapasitas dalam mengelola pengetahuan dengan baik. Padahal, pengelolaan pengetahuan menjadi penting untuk menjawab tantangan dan dinamika yang terus berubah.

Berbagai tantangan baru muncul, baik dari luar maupun dari dalam organisasi. Seperti keterbatasan sumber daya, kesenjangan pengetahuan, turn over personil yang cukup tinggi, dll. Akibatnya, pengetahuan organisasi lebih banyak berada di tingkat individu semata daripada di tingkat organisasi. Di beberapa kasus, sering terjadi ‘brain-drain’, di mana organisasi kehilangan banyak pengetahuan akibat perpindahan staf.

Apa konsep dasar informasi dan pengetahuan? Bagaimana model pengelolaan pengetahuan? Bagaimana mengidentifikasi dan mengembangkan pengelolaan pengetahuan? Bagaimana mengembangkan strategi pengelolaan pengetahuan dalam organisasi nirlaba?

Tujuan mengelola pengetahuan bagi organisasi nirlaba adalah agar organisasi mampu memahami aspek sumber daya pengetahuannya dan dari situ organisasi mampu merumuskan persoalan dan tantangan pengelolaan sumber daya pengetahuannya, yang kemudian organisasi dapat menghasilkan rancangan awal strategi dan pengelolaan sumber daya pengetahuannya.

Keseluruhan skema pengelolaan tersebut akan memandu organisasi nirlaba untuk mempu mempertahankan dirinya menjadi tetap relevan dalam perkembangan dinamika masa depan yang begitu cepat berubah.

Dalam Lokalatih ini, peserta akan diajak memahami seni mengelola pengetahuan pada organisasi nirlaba, disertai simulasi kasus yang berkaitan dengan kondisi masing-masing organisasi.

Peserta:

Lokalatih ini diperuntukkan bagi pimpinan organisasi dan para personil yang akan terlibat aktif dalam pengelolaan pengetahuan di organisasi masing-masing.

Materi:

Materi yang akan disampaikan dalam 2 hari Lokalatih Pengelolaan Pengetahuan  adalah sebagai berikut:

  • Konsep dasar data, informasi dan pengetahuan
  • Model dalam pengelolaan pengetahuan
  • Mengidentifikasi dan mengembangkan sistem pengelolaan pengetahuan
  • Mengembangkan strategi pengelolaan pengetahuan dalam organisasi nirlaba

Selengkapnya, silahkan kunjungi site Learn!

    Cetak       Email
  • Publish: 1 tahun ago on Rabu 10 Februari 2016
  • By:
  • Last Modified: Mei 23, 2017 @ 10:33 am
  • Filed Under: Events
  • Tagged With:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

[Learn!] YOGYAKARTA, 10-14 Juli 2017: Pelatihan Pengembangan BUM Desa

Selengkapnya →