Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Events  >  Artikel saat ini

[Learn!] Jakarta, 2-3 September 2015: Workshop Riset Aksi untuk Pemberdayaan Masyarakat

Oleh   /   Kamis 10 September 2015  /   Tidak ada komentar

Partisipasi masyarakat dalam sebuah program baik oleh pemerintah, swasta atau LSM dipercaya menjadi salah satu kunci kesuksesan jalannya program pemberdayaan masyarakat. Keterlibatan masyarakat akan meningkatkan rasa memiliki (sense of ownership), mendorong transparansi dan akuntabilitas, memacu kreatifitas dan pembelajaran serta menjadikan masyarakat sebagai subyek dalam sebuah program.

Namun demikian tidak semua pelaku program pemberdayaan masyarakat memahami prinsip, metode dan teknik-teknik dalam penerapan partisipasi masyarakat dengan baik.Kurangnya pengetahuan dan ketrampilan dalam metode dan teknik, membuat partisipasi hanya menjadi label namun tidak terwujud dalam penerapannya di lapangan. Hal ini mengakibatkan esensi partisipasi menjadi hilang, dan program sering mengalami kegagalan.

Riset aksi dilakukan oleh sekelompok peneliti dengan membuka luas keterlibatan stakeholder terutama masyarakat sasaran program, mulai dari mendefinisikan masalah, merencanakan kajian bersama, mengembangkan kerangka kerja dan pengetahuan kolaboratif, menyepakati pilihan metode dan teknik pengumpulan data serta menginterpretasikan hasil secara bersama.Dengan memiliki ketrampilan riset aksi diharapan para pelaku program mampu membangun fondasi yang kokoh bagi partisipasi masyarakat dalam program.

Atas dasar pertimbangan tersebut di atas Yayasan Penabulu dan Kalingga Institute merancang sebuah Workshop“Riset Aksi untuk Pemberdayaan Masyarakat” yang akan membahas prinsip, metode dan teknik-teknik dalam penerapan partisipasi masyarakat secara mendalam.

Materi :

  • Konsep dasar Participatory Action Research for Community Empowerment
  • Mengenal metoda dan teknik Participatory Action Research for Community Empowerment
  • Simulasi metode dan teknik
  • Penyusunan laporan hasil

Selengkapnya, silahkan kunjungi site Learn!

    Cetak       Email
  • Publish: 2 tahun ago on Kamis 10 September 2015
  • By:
  • Last Modified: September 10, 2015 @ 10:43 am
  • Filed Under: Events

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

[Learn!] YOGYAKARTA, 20-24 November 2017: Pelatihan Pengembangan BUM Desa

Selengkapnya →