Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Events  >  Artikel saat ini

[Learn!] Jakarta, 6-7 Oktober 2015: Workshop Pemetaan Sosial untuk Pemberdayaan Masyarakat

Oleh   /   Kamis 1 Oktober 2015  /   Tidak ada komentar

Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kunci dasar dari program pemeberdayaan masyarakat yaitu menempatkan masyarakat sebagai subyek dalam program, dalam konteks ini program hanya membantu masyarakat untuk mengembangkan kemampuan sendiri agar lebih mandiri sehingga masyarakat dapat mengatur masalah dan mengambil keputusan sendiri.

Kegagalan program pemberdayaan masyarakat selama ini cenderung diakibatkan karena kurang mempertimbangkan kebutuhan dari sudut pandang masyarakat. Banyak lembaga kesulitan dalam memahami keadaan sosial suatu masyarakat. Hal ini mengakibatkan keterbatasan informasi yang dimiliki pelaku untuk merancang program yang sesuai peta masalah dan kebutuhan masyarakat.

Pemetaan sosial adalah sebuah cara untuk memperoleh gambaran utuh mengenai kondisi sosial masyarakat. Salah satu tujuan dari pemetaan sosial yaitu menggali informasi terkait masalah, potensi dan kebutuhan yang ada dimasyarakat (sosial, budaya, ekonomi dan politik). Sehingga pemetaan sosial dapat diartikan sebagai alat (baca: tools) untuk mencari, mendeskripsikan, menganalisis dan memprediksi kondisi sosial suatu masyarakat. Dengan pemetaan sosial, pelaku program bisa memanfaatkan hasilnya untuk merancang program CD yang lebih sesuai kebutuhan dan tepat sasaran sehingga mengurangi resiko kegagalan.

Atas dasar pertimbangan tersebut di atas Yayasan Penabulu dan Kalingga Institute merancang sebuah Workshop“Pemetaan Sosial untuk Pemberdayaan Masyarakat” yang akan membahas prinsip, metode dan teknik-teknik dalam penerapan partisipasi masyarakat secara mendalam.

Materi :

  • Konsep dasar  Social Mapping for Community Empowerment Program
  • Mengenal metoda dan teknik Social Mapping for Community Empowerment Program
  • Simulasi metode dan teknik
  • Penyusunan laporan hasil

Selengkapnya, silahkan kunjungi site Learn!

    Cetak       Email
  • Publish: 2 tahun ago on Kamis 1 Oktober 2015
  • By:
  • Last Modified: Oktober 1, 2015 @ 11:03 am
  • Filed Under: Events

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

[Learn!] YOGYAKARTA, 20-24 November 2017: Pelatihan Pengembangan BUM Desa

Selengkapnya →