Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Events  >  Artikel saat ini

[Learn!] YOGYAKARTA, 29-30 Maret 2017: Workshop Social Impact Assessment (SIA)

Oleh   /   Senin 9 Mei 2016  /   Tidak ada komentar

Ada kecenderungan umum yang menganggap Social Impact Assessment (SIA) atau Penilaian Dampak Sosial (PDS) hanya sekedar ‘tambahan’ atau suatu kegiatan yang perlu dilakukan pada saat sebuah proyek, program atau kebijakan sudah selesai dirancang, padahal analisis ini merupakan kajian terhadap dampak dari suatu program yang diperlukan untuk proses pengambilan suatu keputusan mengenai penyelengaraan program yang berkelanjutan didalam suatu masyarakat.

Dampak sosial adalah konsekuensi pada populasi manusia dari kegiatan-kegiatan pemerintah maupun swasta yang mengubah cara masyarakat hidup termasuk pengaruh budaya yang mana terjadi perubahan nilai-nilai, norma-norma dan keyakinan-keyakinan yang mengarahkan pengetahuan masyarakat tentang diri dan lingkungannya. Social Impact Assessment (SIA) adalah suatu metodologi untuk mereview pengaruh-pengaruh sosial, budaya dan ekonomi dari beroperasinya suatu perusahaan dan intervensi-intervensi pembangunan yang lain. Tujuan SIA adalah untuk mengidentifikasi efek yang diinginkan dan tidak diinginkan dari intervensi yang direncanakan dalam rangka mengembangkan rencana pengelolaan yang berkelanjutan.

Atas dasar pertimbangan tersebut di atas Yayasan Penabulu dan Kalingga Institute merancang sebuah Workshop “Social Impact Assessment (SIA)” yang akan membahas prinsip, metode dan teknik-teknik dalam penerapan partisipasi masyarakat secara mendalam.

Materi:

  • Konsep dasar  Social Impact Assessment (SIA)
  • Mengenal metoda dan teknik Social Impact Assessment (SIA)
  • Simulasi metode dan teknik Social Impact Assessment (SIA)
  • Penyusunan laporan hasil

Selengkapnya, silahkan kunjungi site Learn!

    Cetak       Email
  • Publish: 10 bulan ago on Senin 9 Mei 2016
  • By:
  • Last Modified: Februari 9, 2017 @ 11:20 am
  • Filed Under: Events
  • Tagged With:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

[Learn!] JAKARTA, 22-23 Februari 2017: Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 berdasar SAK ETAP

Selengkapnya →