Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Artikel saat ini

Manfaat Ekonomi Secara Langsung bagi Masyarakat Desa, Part 5

Oleh   /   Jumat 15 April 2016  /   Tidak ada komentar

Masyarakat Desa akan mendapatkan manfaat ekonomi secara tidak langsung dari operasionalisasi BUM Desa, jelas terlihat betapa strategis peran BUM Desa sebagai salah satu intervensi utama Pemerintah Desa.

bakal keuLSM

Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa

Tinjauan Manfaat

Pasal 3 Permendes 4/2015 menegaskan bahwa BUM Desa didirikan dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan perekonomian Desa, mengoptimalkan manfaat aset, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa, menciptakan peluang dan jaringan pasar, membuka lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa; yang kesemuanya diharapkan akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa.

Sedangkan sesuai Pasal 89 UU 6/2014, hasil usaha BUM Desa selain akan digunakan bagi pengembangan usaha BUM Desa itu sendiri, dimanfaatkan untuk pembangunan Desa, pemberdayaan masyarakat Desa, dan pemberian bantuan untuk masyarakat miskin melalui hibah, bantuan sosial dan kegiatan dana bergulir yang ditetapkan dalam APB Desa. Alokasi dan pembagian hasil usaha BUM Desa sesuai Pasal 26 Permendes 4/2015 akan dtetapkan berdasarkan ketentuan yang diatur dalam AD/ART BUM Desa yang bersangkutan.

Sejalan dengan tidak adanya penyertaan modal masyarakat Desa secara langsung pada BUM Desa, maka juga tidak terdapat pembagian keuntungan, hasil usaha ataupun manfaat ekonomi secara langsung bagi masyarakat Desa. Masyarakat Desa akan mendapatkan manfaat ekonomi secara tidak langsung dari operasionalisasi BUM Desa. Tabel di bawah akan menggambarkan alur manfaat ekonomi yang akan diterima masyarakat Desa dengan berdirinya BUM Desa sebagai berikut:

33

Dari uraian rantai manfaat ekonomi yang dapat diperoleh dari pendirian BUM Desa di atas, jelas terlihat betapa strategis peran BUM Desa sebagai salah satu intervensi utama Pemerintah Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa.

Menyertai dukungan APBN bagi pembangunan Desa melalui Dana Desa, BUM Desa merupakan format intervensi pelengkap yang memberikan kemungkinan bagi Pemerintah Desa untuk aktif mengembangkan perekonomian lokal secara kolektif berbasis potensi dan kekuatan yang dimiliki masing-masing Desa.

Silahkan unduh file Pdf Penguatan Kelembagaan Ekonomi Desa.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Tahapan Penyusunan Anggaran Desa

Selengkapnya →