Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Masyarakat Sipil untuk Transformasi Sosial

Oleh   /   Rabu 21 Desember 2011  /   Tidak ada komentar

Buku ini menguak pergolakan ideologi dan dinamika pergerakan LSM di Indonesia sejak tahun 1970an hingga tahun 1990an. Bagai memakan buah simalakama, LSM di Indonesia senantiasa berada dalam posisi dilematis.

keuangan LSM

Masyarakat Sipil untuk Transformasi Sosial

Penulis: Mansour Fakih
Penerbit: INSISTPress, 2010

Buku ini menguak pergolakan ideologi dan dinamika pergerakan LSM di Indonesia sejak tahun 1970an hingga tahun 1990an. Bagai memakan buah simalakama, LSM di Indonesia senantiasa berada dalam posisi dilematis untuk bisa 100% membela kepentingan rakyat tertindas, ketika keberadaan dan kehidupan LSM masih sangat bergantung pada lembaga donor dari luar negeri yang tentunya memiliki suatu ideologi dan kepentingan tertentu.

Bagaimana kemudian LSM harus menempatkan dirinya sebagai organisasi masyarakat sipil untuk transformasi sosial di tengah-tengah tekanan dari lembaga donor, pemerintah, dan rakyat yang difasilitasinya?

Menurut Mansour Fakih (Alm), penulis buku ini yang sudah malang melintang di dalam pergerakan LSM di Indonesia sejak akhir era 1970an, sudah saatnya bagi aktivis LSM di Indonesia untuk mulai melakukan reposisi ideologi mereka di dalam masyarakat sipil, yaitu dengan menyebut dan menempatkan dirinya sebagai “intelektual organik” yang merupakan jenis intelektual yang berakar di dalam kelas yang dieksploitasi dan didominasi.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →