Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Artikel  >  Umum  >  Artikel saat ini

Investasi: Memulai Membeli Reksa Dana

Oleh   /   Jumat 2 Maret 2012  /   Tidak ada komentar

Memulai investasi dapat dilakukan dengan sangat mudah seperti halnya membuka rekening bank atau membuka deposito. Anda dapat melakukan pembelian dengan menghubungi manajer investasi langsung atau melalui agen penjual yang ditunjuk.

keuangan LSM

Tiba saatnya untuk memulai berinvestasi dengan sangat mudah seperti halnya membuka rekening bank atau membuka deposito

Setelah menentukan jenis reksa dana dan manajer investasi yang akan menjadi pilihan investasi Anda, kini tiba saatnya untuk memulai berinvestasi. Memulai investasi dapat dilakukan dengan sangat mudah seperti halnya membuka rekening bank atau membuka deposito. Anda dapat melakukan pembelian dengan menghubungi manajer investasi langsung atau melalui agen penjual yang ditunjuk.

Saat Anda melakukan pembelian reksa dana, Anda harus memahami nilai aktiva bersih (NAB) yang merupakan harga suatu reksa dana. Selain itu, perlu dicatat bahwa saat Anda masuk, keluar, atau melakukan penggantian, Anda juga akan dikenakan biaya-biaya tertentu. Hal inilah yang perlu Anda perhatikan dengan cermat sebelum memulai berinvestasi.

 

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Nilai aktiva bersih (NAB) atau disebut juga net asset value (NAV) merupakan nilai pasar wajar (fair market value) suatuefek dan kekayaan lain dari reksa dana dikurangi dengankewajiban (utang). NAB merupakan salah satu tolok-ukurdalam memantau hasil dari suatu reksa dana.

Saat Anda melakukan pembelian reksa dana, Anda harus memahami nilai aktiva bersih (NAB) yang merupakan harga suatu reksa dana.

Nilai aktiva bersih per unit penyertaan adalah harga wajar dari portofoliosuatu reksa dana setelah dikurangi biaya operasionalkemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telahberedar (dimiliki investor) pada saat tersebut. Rumus untukmenghitung NAB adalah sebagai berikut:

NAB = [jumlah aset total kewajiban] : jumlah unit penyertaan

Kalau Anda berinvestasi di saham, Anda bisa membelinya di pasar perdana saat penawaran pertama (initial public offering/IPO) atau membelinya di pasar sekunder. Dalam reksa dana juga serupa. Anda bisa membeli reksa dana dalam satuan unit penyertaan saat penawaran umum atau sesudahnya. Harga unit penyertaan perdana saat pertama kali ditawarkan ditetapkan oleh Bapepam-LK dengan harga Rp1.000,- per unit penyertaan.

Setelah Anda dan investor lainnya membeli, dana yang terkumpul tersebut kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi dengan membeli portofolio efek yang dinilai menguntungkan. Misalkan saat penawaran umum terkumpul dana Rp200 juta, berarti ada 200 ribu lembar unit penyertaan beredar dengan nilai aktiva bersih sebesar Rp1.000 per unit penyertaan.

Andaikata setelah dikelola selama 1 tahun, manajer investasi menghasilkan keuntungan 50%, maka dana kelolaan tersebut akan bertambah menjadi Rp300 juta. Jika perhitungan awal nilai aktiva bersih adalah sebesar Rp1.000,-, maka kini nilai aktiva bersih reksa dana tersebut naik menjadi Rp1.500,-.

Setelah dipotong kewajiban yang harus dibayar oleh reksa dana sebesar misalkan 1,75%, maka dana kelolaan reksa dana tersebut akan menjadi Rp294.750.000,-. Dengan demikian, apabila dibagi dengan jumlah unit penyertaan yang ada (100 ribu lembar), maka nilai per unit penyertaan sebesar Rp1.473,75. Apabila Anda dan investor lainnya saat ini memutuskan untuk menjual unit penyertaan sebanyak 80 ribu lembar, maka Anda semua akan mendapat Rp117,9 juta. Kini, unit penyertaan yang tersisa hanya sebanyak 120 ribu lembar atau senilai Rp176,85 juta, namun nilai tiap unit penyertaan tetap sebesar Rp1.473,75. Apabila saat ini ada investor lain yang ingin masuk, ia harus membeli reksa dana dengan harga Rp1.473,75, bukan dengan harga Rp1.000,-.

Nilai aktiva bersih dari setiap reksa dana yang diperjualbelikan akan diterbitkan secara harian oleh bank kustodian. Harga nilai aktiva bersih bisa dicek antara lain di harian Bisnis Indonesia, Koran Tempo, harian Seputar Indonesia, Investors Daily, situs Bisnis Indonesia (web.bisnis.com / edisi-cetak / edisi-harian /tabel_Reksadana/), situs Invofesta (www.infovesta.com) dan situs BapepamLK.Iwww. bapepamlk.depkeu.go.id /Reksadana).

Harga NAB tersebut akan selalu sama di mana pun Anda berada. Namun, apabila Anda membeli atau menjual reksa dana sebelum pukul 13.00, Anda akan dikenakan harga nilai aktiva bersih yang dipatok pada hari kerja sebelumnya. Akan tetapi bila Anda membeli atau menjual setelah pukul 13.00, biasanya Anda dikenakan harga NAB pada pembukaan hari kerja berikutnya.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

keuanganLSM

Membuat SDM Dihargai

Selengkapnya →