Loading...
Posisi Anda:  Home  >  Referensi  >  Referensi Buku  >  Artikel saat ini

Mengembangkan Koperasi

Oleh   /   Senin 23 November 2015  /   Tidak ada komentar

Mengelola koperasi pada dasarnya tidak berbeda dengan mengelola lembaga bisnis di luar koperasi, artinya koperasi tetap mempertimbangkan cost and benefit dan prinsip-prinsip manajemen juga strategi bisnis yang tetap.

Mengembangkan Koperasi

Mengembangkan Koperasi

Penulis: H. Soetjipto
Penerbit: Cahaya Atma Pustaka, 2015

Mengelola koperasi pada dasarnya tidak berbeda dengan mengelola lembaga bisnis di luar koperasi, artinya koperasi tetap mempertimbangkan cost and benefit dan prinsip-prinsip manajemen juga strategi bisnis yang tetap. Dalam perkembangannya tidak sedikit koperasi yang mengalami berbagai masalah sehingga kurang bisa berkembang maksimal. Agar koperasi bisa berkembang para pengelola harus berupaya untuk menggali berbagai permasalahan yang dapat mengganggu, kemudian merumuskan setrategi pengelolaan sesuai dengan potensinya dan prinsip dasar koperasi. Berbagai faktor yang dapat memengaruhi pengembangan koperasi membutuhkan perhatian tersendiri dari para pengelola.

Buku ini ditulis bukan untuk memberikan petunjuk praktis, namun mengajak pembaca untuk mampu menganalisis secara sederhana agar mampu menentukan setrategi perubahan supaya koperasi dapat berkembang. Buku ini berisi 16 bahasan masing-masing mempunyai keterkaitan, namun bisa memulai dari mana saja yang menurut pembaca perlukan. Pokok bahasan yang ada dalam buku ini:

  1. Koperasi Selayang Pandang
  2. Koperasi dan Lingkungannya
  3. Kekuatan Visi & Misi bagi Koperasi
  4. Organisasi Koperasi Primer
  5. Pendelegasian Kewenangan
  6. Organisasi Pengurus & Pelaksana
  7. Level Hirarki & Kompetensi
  8. Sistem dan Tatakerja dalam Koperasi
  9. Kepemimpinan
  10. Penerapan Fungsi Manajemen
  11. Komunikasi dalam Koperasi
  12. Mengelola Koperasi
  13. Pertanggungjawaban
  14. Mencermati Masalah
  15. Menemukan Akar Masalah
  16. Berbenah atau Punah

Mudah-mudahan dengan membaca buku ini memungkinkan para pembaca semakin tepat dalam mengambil keputusan, menentukan strategi pengelolaan, mampu bersaing dengan lembaga bisnis non koperasi, bisa melangkah lebih maju dan berkembang. Semoga.

    Cetak       Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like...

Akuntansi Desa

Selengkapnya →